Kerja Tidak Sesuai Minat? Berikut Cara Agar Tetap Termotivasi
Karier | 30 Jun 2023 | By Dreamtalent Blog Writer
Kerja Tidak Sesuai Minat? Berikut Cara Agar Tetap Termotivasi

Summary: Minat, salah satu aspek terpenting dalam kehidupan personal maupun profesional. Memiliki minat berarti kita memiliki tujuan dan keinginan yang ingin kita capai. Lalu apa yang akan terjadi jika kita bekerja tidak sesuai minat? Jawabannya sangat mudah, yaitu kita tidak memiliki motivasi dan cepat merasa bosan. Melalui artikel ini, kamu dapat menemukan cara-cara yang dapat kamu lakukan untuk selalu tetap termotivasi, mulai dari menciptakan lingkungan yang positif hingga belajar dari kesalahan. 

 

Expectations: Setelah membaca artikel ini, kamu dapat mengenal dan memahami maksud dari career switch, apa yang harus dipertimbangkan, dan apa yang dapat kamu lakukan ketika kamu menyesal setelah career switch. 



Setiap orang pasti memiliki ketertarikan akan suatu hal. Ketertarikan itulah yang biasa kita kenal dengan nama minat. Minat ini menjadi sebuah motivasi dalam bekerja. Lalu apa yang terjadi kalau kita bekerja tidak sesuai dengan minat kita?

 

Pasti kamu pernah kan tidak merasa puas dengan apa yang sedang kamu kerjakan. Atau kamu merasa kamu tidak bahagia dan tidak ada tujuan dalam bekerja? Contoh masalah diatas adalah salah satu dari banyak efek yang akan kamu rasakan jika kamu bekerja tidak sesuai dengan minat.

 

Tapi, apa artinya kita harus bekerja sesuai minat? Sebenarnya tidak juga, kamu boleh dan bisa saja bekerja tidak sesuai minat kamu. Namun, walaupun kamu bekerja tidak sesuai dengan minat. kamu harus tetap bisa menemukan motivasi dan kebahagiaan dalam pekerjaan kamu itu. 

 

Sebelum lebih lanjut membahas bagaimana cara kita untuk tetap termotivasi walaupun bekerja tidak sesuai dengan minat, kita perlu sekali untuk paham maksud dan tujuan dari minat. 

 

Minat: Apa Sih Artinya?

 

Minat sendiri adalah ketertarikan atau kecenderungan seseorang terhadap sesuatu yang merupakan sebuah aspek psikologis.

 

Kita sudah tidak asing lagi dengan kata atau istilah minat. Mulai dari kita sekolah hingga bekerja, pasti sering muncul istilah minat. Apa sih maksudnya?

 

Minat sendiri adalah ketertarikan atau kecenderungan seseorang terhadap sesuatu yang merupakan sebuah aspek psikologis. 

 

Dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia (KKBI), minat berarti kecenderungan hati yang tinggi terhadap sesuatu. Minat juga diartikan sebagai gairah atau keinginan.

 

Nah, itu dia kata kuncinya. Keinginan. Jika kita punya keinginan, pasti kita akan selalu berusaha sebaik mungkin untuk mencapai keinginan tersebut. Minat yang juga dikenal dengan nama “passion” atau “interest”, memiliki peranan penting dalam kehidupan kita. 

 

Banyak orang yang menjalani hidup mereka dengan bekerja pada pekerjaan yang tidak sesuai dengan passion mereka. Hal ini bisa menjadi masalah besar karena dapat menyebabkan ketidakbahagiaan, produktivitas yang rendah, dan bahkan masalah kesehatan.

 

Ketika kamu tidak melakukan apa yang kamu sukai, kamu akan mudah bosan dan tidak tertarik dengan pekerjaan kamu. Hal ini dapat menyebabkan produktivitas yang rendah dan kinerja yang buruk. Selain itu, bekerja tanpa passion juga bisa membuat kamu stres

 

Lalu kita bisa lakukan apa agar tetap termotivasi?

 

5 Cara Agar Tetap Termotivasi

 

Berikut adalah lima cara agar tetap termotivasi dalam bekerja walaupun kamu bekerja tidak sesuai dengan minat, mulai dari menetapkan tujuan hingga menciptakan lingkungan yang positif.

 

Berikut adalah lima cara agar tetap termotivasi dalam bekerja walaupun kamu bekerja tidak sesuai dengan minat:

 

1. Menetapkan Tujuan

 

Walaupun tidak sesuai minat, dan tidak ada “keinginan” yang kamu kejar dalam pekerjaan itu, kamu harus tetap fokus pada tujuan jangka panjang dan jangka pendek kamu. Pastikan juga kamu menetapkan target yang realistis dan dapat dicapai.

 

2. Menciptakan Lingkungan Kerja Positif

 

LIngkungan kerja yang positif dapat membantu kamu melupakan dan melepaskan tekanan-tekanan dan beban yang mungkin kamu rasakan. Ciptakan lingkungan kerja yang membuat kamu merasa nyaman dan nyaman serta memotivasi kamu untuk bekerja lebih keras.

 

3. Work-Life Balance

 

Jangan biarkan pekerjaan mengambil alih hidup kamu. Pastikan kamu mengambil waktu untuk diri sendiri dan melakukan kegiatan yang kamu nikmati di luar pekerjaan. Work-life balance yang ideal adalah ketika kamu memiliki batasan antara diri kamu pribadi dengan personal life. Batasan-batasan ini juga penting untuk menjaga mental kamu agar tidak mudah burnout

 

4. Mengambil Tanggung Jawab

 

Kamu harus tetap bertanggung jawab atas pekerjaan yang sedang kamu lakukan. Kamu tetap berjuang untuk mencapai hasil yang lebih baik. Dengan bertanggung jawab, hal ini dapat membantu meningkatkan rasa percaya diri dan motivasi kamu. Jadi, walaupun kamu tidak memiliki minat dan motivasi dalam pekerjaan kamu, bukan berarti kamu bisa bekerja sesuka kamu ya. 

 

5. Belajar Dari Kesalahan

 

Jangan biarkan kesalahan menghentikan kamu. Belajar dari kesalahan-kesalahan yang kamu buat dan gunakan kesalahan tersebut untuk berkembang dan terus maju. Ini akan membantu kamu tumbuh dan berkembang sebagai individu dan profesional.

 

Cara-cara diatas adalah beberapa cara sederhana yang dapat kamu lakukan untuk tetap termotivasi walaupun bekerja tidak sesuai dengan minat. Tapi apakah kamu harus resign dan cari pekerjaan lain? Jawaban sebenarnya ada di tangan kamu sendiri. Bagaimana kalau nanti kamu sudah resign tapi ternyata pekerjaan selanjutnya juga tidak cocok dengan kamu?

 

Hal terpenting yang bisa kamu lakukan adalah mengenali lebih dalam lagi diri kamu sendiri. Kamu dapat melakukan hal tersebut dengan menggunakan bantuan teknologi dalam bentuk tes psikometri seperti yang tersedia di Dreamtalent. Dengan tes psikometri, hasil yang kamu dapatkan dapat membantu kamu memahami kepribadian, personalitas, minat, motivasi, gaya kamu bekerja.