Blog

Kerja Sesuai Passion? Emang Penting?

- 14 Oct 2021 by Fuji Ulya Nurrahmi.

Summary. Bekerja adalah sesuatu yang akan kamu lakukan seumur hidup. Kegiatan ini akan sangat berat jika tidak sesuai dengan apa yang benar-benar kamu sukai. Namun, beda ceritanya jika kamu bekerja sesuai dengan passion-mu. Kamu akan tetap merasa hidup dalam perjalanan kariermu. Artikel ini membahas pentingnya menemukan passion dalam bekerja, cara menemukannya, dan ciri-ciri saat kamu bekerja sesuai dengan minatmu.

Expectations. Setelah membaca artikel ini, kamu akan mendapatkan pencerahan untuk bisa menemukan passion dalam bekerja sehingga bisa menentukan karier yang benar-benar sesuai dengan hal yang kamu sukai dan ingin kamu lakukan.


Foto seseorang dengan toga sedang mencari pekerjaan yang sesuai. Dalam artikel ini digunakan untuk menggambarkan proses menemukan passion karier agar mendapatkan karier yang cocok.


Setelah lulus kuliah, kamu akan memasuki babak baru dalam kehidupanmu. Seperti mengisi bensin, semuanya akan dimulai dari nol lagi untuk hal-hal yang berkaitan dengan urusan karier. It’s okay jika kamu merasa bingung untuk mulai dari mana. Bahkan, kamu pun mempertanyakan kembali apa yang benar-benar ingin kamu kerjakan seumur hidup. Untuk menjawab pertanyaan tersebut, hal pertama yang harus kamu lakukan adalah mengenali dan menemukan minat kariermu.

Passion atau minat diri adalah sesuatu yang sangat kamu sukai dan selalu bisa memberimu sparks saat melakukannya. Passion adalah sepenuhnya tentang kamu. 


It is about you, bukan tentang apa yang orang-orang anggap keren atau hal yang sedang tren saat ini.


Sejalan dengan ini, passion dalam bekerja juga berarti keinginan untuk melakukan sesuatu yang kamu sukai, sekaligus bisa menjadi karier yang kamu inginkan.


Mengapa Menemukan Passion Itu Penting?


Meme Confused Nick Young digunakan dalam artikel ini untuk menggambarkan why atau mengapa menemukan passion karier itu penting.


Menurut survei Indeed, 60% pemberi kerja mengatakan bahwa kurangnya minat dalam bekerja menjadi alasan beberapa karyawannya tidak bergairah dalam pekerjaan mereka.

Dengan mengetahui minat yang membuatmu yakin pada hal-hal yang kamu sukai, kehidupan kariermu akan lebih terarah pada pekerjaan yang benar-benar ingin kamu lakukan. 

Meskipun banyak yang mengatakan bahwa:

  • “Kerja itu emang nggak asik”
  • “Kamu harus kerja yang nguras energi banget dari pukul 9 - 5 buat bertahan”
  • “Ah, kerjaan yang bermakna tuh cuma mitos”

...bukan tidak mungkin bahwa kamu bisa benar-benar enjoy melakukan sesuatu dan dibayar untuk itu. Maka dari itu, menemukan passion untuk kariermu adalah hal terbaik yang bisa kamu lakukan.

Mengerjakan sesuatu yang sejalan dengan passion tentu penting untuk perjalanan kariermu dalam jangka panjang. Selain membuatmu lebih bahagia, bekerja sesuai passion juga dapat mempercepat proses mencapai goals-mu karena kamu maksimal dan lebih semangat saat melakukan sesuatu yang kamu sukai.

Sebelum membaca lebih lanjut, perlu diingat bahwa acapkali passion atau minat karier tidak selalu sama dengan hobi atau skill yang kamu punya. Coba kamu perhatikan:


Hobi

Seperti yang kamu tahu, hobi adalah sesuatu yang ingin kamu lakukan pada waktu senggang sebagai salah satu obat dari lelahnya bekerja. Hobi bisa berupa mengoleksi action figures, bersepeda, naik gunung, atau menonton film. Meskipun kini tidak jarang orang yang menjadikan hobinya sebagai profesi, tapi pada umumnya lebih banyak karier yang tidak sama dengan hobi.


Skill

Skill adalah keterampilan yang dimiliki seseorang karena terus dilatih dalam jangka waktu lama. Walaupun minat berkaitan erat dengan skill, keterampilan atau skill tidak selalu sejalan dengan minat karena bisa saja kamu sangat ahli membuat spreadsheets tapi kamu tidak benar-benar menyukainya.


Nah, hal ini juga berkaitan erat dengan konsep ikigai. Apa itu ikigai? Singkatnya, ikigai adalah alasan untuk kamu bangun setiap pagi. 



Dari video tentang ikigai


Ikigai adalah gabungan dari 4 prinsip ini: 

  1. Hal yang kamu cintai 
  2. Dimana kemampuanmu berada 
  3. Apa yang dibutuhkan dunia 
  4. Yang dapat menghasilkan uang

Dengan ini, sudah lebih jelas lagi bahwa hobi dan skill tidak selalu menjadi passion untukmu berkarier atau dengan kata lain hal yang bisa membuatmu menghasilkan uang. 

Maka dari itu, artikel ini berfokus membahas tips menemukan passion karier yang bisa membantumu bersemangat untuk pergi bekerja setiap harinya, bisa menentukan pekerjaan yang membuatmu sangat berkomitmen, dan bisa melakukannya dengan baik. Meskipun sulit dan butuh banyak usaha, kamu akan tetap menikmatinya karena kamu tahu bahwa usahamu akan sepadan dengan hasilnya.


Jadi, Bagaimana Cara Menemukan Passion dalam Bekerja?


Meme Kanye West bertuliskan "How" digunakan untuk menggambarkan bagaimana cara menemukan passion karier dalam artikel ini.


Setiap orang pasti memiliki cara masing-masing untuk menemukan passion-nya. Namun, pertanyaan-pertanyaan ini bisa membantumu merefleksi diri dan memberi arahan umum untuk mengenali passion-mu.

Menurut Coleman dalam Ramsey dan Keiling dalam Indeed ada beberapa hal yang bisa ditanyakan untuk membantu orang-orang menemukan karier yang membuat mereka merasa hidup setiap harinya. Namun, sebelum menjawab pertanyaan-pertanyaan ini, kamu harus mengesampingkan segala pikiran yang kamu yakini tentang “dunia sesungguhnya” dan menjawab sesuai dengan apa yang benar-benar sangat kamu inginkan. 

Oke, sekarang tanyakan pada dirimu sendiri pertanyaan-pertanyaan berikut:


1. Pekerjaan apa yang membuatku bersemangat?

Pekerjaan yang membuatmu bersemangat adalah pekerjaan yang memiliki keterikatan emosional khusus denganmu. Coba kamu pikirkan tentang tugas atau peran di tempat kerja yang selalu ingin kamu lakukan setiap harinya. Saat kamu memikirkan pekerjaan itu, kamu akan merasa antusias, gembira, sekaligus meningkatkan energimu.


2. Jenis pekerjaan seperti apa yang membuatku bisa berkomitmen?

Untuk menjawab pertanyaan ini, kamu bisa membayangkan jenis pekerjaan yang tetap bersedia kamu lakukan walaupun sedang terasa sangat sulit. Saat kamu memiliki keterikatan emosional pada sesuatu yang kamu kerjakan--yang sangat kamu minati, kamu akan terus mengerjakannya dalam kondisi apa pun. Walaupun, tentunya, kamu perlu waktu untuk beristirahat.


3. Apa yang bisa membuatku menghabiskan waktu dan uang?

Pada umumnya, kita akan rela menghabiskan waktu dan uang untuk sesuatu yang sangat kita minati. Misalnya, jika kamu sangat tertarik dengan dunia bisnis, kamu akan membeli banyak buku yang bisa meningkatkan pengetahuanmu tentang bisnis atau mengambil kelas yang diisi oleh orang-orang dengan pengalaman luar biasa di dunia bisnis. Hal-hal tersebut tentu membutuhkan waktu dan uang. Jika kamu ‘rela’ untuk menghabiskan dua hal itu, berarti kamu benar-benar memiliki minat dan menyukai bidang tersebut.


4. Topik apa yang paling sering aku bicarakan dengan orang lain?

Saat menyukai sesuatu, kita akan senang untuk membicarakannya. Hal ini berlaku pada semua hal, termasuk urusan minat karier. Sebagai contoh, kamu adalah orang yang update dengan hal-hal yang terjadi di media sosial, kamu sering berbagi kabar terbaru kepada teman-temanmu, dan kamu menikmati itu. Bisa jadi, kamu memiliki minat karier untuk menjadi social media specialist. Meskipun kamu harus belajar banyak hal untuk menjadi seorang social media specialist sesungguhnya, hal terpenting adalah kamu senang menjalaninya.


5. Apa ya kelebihanku?

Mengetahui apa yang menjadi kelebihanmu bisa membantu dalam proses menemukan minat kariermu. Saat kamu menyadari kelebihanmu, kamu akan merasa percaya diri untuk melakukan pekerjaan yang sejalan dengan itu. Kamu juga akan bersemangat menjalaninya karena kamu tahu bahwa i’m good at it. Untuk menjawab pertanyaan ini, kamu juga bisa melakukan psikotes online di Dreamtalent untuk mengetahui kelebihanmu secara ilmiah.


Setelah kamu bisa menjawab pertanyaan-pertanyaan ini, kamu harus mencatatnya dan menganalisis pola yang ada dalam jawabanmu. Secara garis besar, kamu telah memiliki modal untuk memutuskan jalan karier seperti apa yang ingin kamu tempuh.

Konsultasikan juga kepada orang-orang terdekat yang benar-benar mengenal dirimu. Selain untuk mendapatkan validasi, kamu juga akan memperoleh dukungan dari mereka yang bisa membuatmu semakin bersemangat. 


Ciri-Ciri Saat Kamu Bekerja Sesuai dengan Passion


Ini adalah meme yang bertuliskan "I love my job" untuk menggambarkan seseorang yang sudah bekerja sesuai dengan minat kariernya dalam artikel ini.


Saat kamu sudah bekerja sesuai dengan minat kariermu nanti, kamu akan merasakan hal-hal ini.


Waktu jadi cepat berlalu. 

Saking fokus dan enjoy-nya kamu melakukan pekerjaan itu, waktu terasa berjalan begitu cepat karena kamu tidak bolak-balik melihat jam akibat bosan. Kamu sangat engaged dengan apa yang kamu lakukan karena kamu menyukainya.


Kamu merasa antusias. 

Sebelum mulai waktu kerja, mungkin kamu akan menyiapkan hal-hal yang akan kamu kerjakan. Saat waktu kerja, walaupun melelahkan, kamu tetap menikmatinya. Ketika pekerjaanmu telah selesai, kamu mendapat kepuasan tersendiri dan merasa bangga dengan apa yang kamu kerjakan.


Kamu tidak merasa keberatan bekerja keras untuk itu. 

Bekerja memang melelahkan. Namun, kamu bisa memilih jenis lelah yang seperti apa. Apakah yang membuat energimu terkuras habis atau yang tetap membuatmu antusias walaupun kelelahan? Bekerja sesuai passion kemungkinan besar akan memberimu jenis lelah yang kedua. Meskipun lelah, kamu tetap berusaha mencari cara untuk menyelesaikannya dan tetap akan melakukannya dalam jangka waktu yang lama. 


Enjoy The Process


Terkadang, proses menemukan passion atau minat karier adalah perjalanan berkepanjangan yang bahkan membutuhkan waktu seumur hidup. Kamu mungkin perlu mendapatkan banyak momen refleksi diri, mengerjakan berbagai jenis pekerjaan, bahkan mencoba bekerja di perusahaan satu ke perusahaan lainnya untuk akhirnya menemukan sesuatu yang kamu minati--yang membuatmu sangat bersemangat. 

Kamu nggak sendirian, kok. Dea juga punya cerita yang sama denganmu. Ikuti terus ya perjalanan Dea menemukan passion-nya di Instagram @dreamtalent.id.



Ikutin cerita Dea di Instagram @dreamtalent.id!


Cepat atau lambat, kamu akan menemukan apa yang kamu cari. Coba mulai pelan-pelan dengan mengenali minat dan kelebihanmu di Dreamtalent, deh. Selamat menikmati prosesnya ya!