Blog

5 Tanda Kandidat Anda Punya Sikap Leadership yang Kuat!

Rekrutmen - 02 Sep 2022 by Andhika Pramudya

Summary. Bagaimana Anda dapat menemukan seorang kandidat yang tepat dengan sikap leadership yang kuat? Perhatikan karakteristik berikut ini pada kandidat: 1) Komunikatif, 2) Kemampuan problem solving dan decision making yang baik, 3) Mempunyai pandangan visioner, 4) Bersikap tenang pada kondisi apapun, dan 5) Mampu menyebarkan aura yang positif. Kandidat dengan sikap ini akan dapat membantu meningkatkan kesuksesan perusahaan Anda secara signifikan.

Expectations. Setelah membaca artikel ini, Anda sebagai recruiter/HR dapat mengetahui tanda-tanda jika seorang kandidat memiliki karakter-karakter dasar leadership.

 

Pernahkah Anda diminta oleh pimpinan perusahaan untuk mencari kandidat dengan sikap leadership yang kuat, tetapi setelah menjalankan proses rekrutmen, Anda merasa kesulitan untuk menemukannya? Sangat disayangkan jika Anda melewati seorang kandidat yang nyatanya memiliki sikap leadership yang kuat dan berpotensi dapat menjadi anggota tim yang baik. 

Lalu mengapa sikap leadership sangat dibutuhkan pada suatu perusahaan? Berdasarkan artikel DJKN Kemenkeu, sikap leadership diperlukan pada sebuah organisasi karena merupakan sebuah kunci vital keberhasilan organisasi

Karakter dasar mereka yang dapat mempengaruhi, membimbing, dan memotivasi seluruh anggota tim merupakan dasar dalam membangun sebuah tim yang kuat. Namun, hal yang menjadi permasalahannya adalah bagaimana menemukan seseorang yang cocok untuk perusahaan Anda dengan tipe karakter seperti ini.

Maka dari itu penting bagi Anda untuk dapat mengetahui tanda-tanda bahwa kandidat yang Anda interview mempunyai sikap leadership yang dibutuhkan oleh perusahaan.

Tanda-tanda Kandidat Anda Punya Leadership Kuat

 

Komunikatif

terdapat 5 tanda bahwa kandidat Anda mempunyai sikap leadership yang kuat, antara lain komunikatif, mampu melakukan problem solving dan decision making dengan baik, visioner, bersikat tenang, dan memiliki aura positif.

Kandidat yang dengan senang hati dapat menjawab pertanyaan-pertanyaan dari recruiter/HR dengan lugas dan efisien memperlihatkan bahwa dirinya memiliki skill komunikatif dengan baik. Ia sangat senang untuk berbicara, bergaul, dan bekerja sama dengan anggota tim lainnya. Hal ini dapat menghindari terjadinya miscommunication antar anggota tim yang kerap menjadi sebuah hambatan. 

 

Memiliki sifat komunikatif juga dapat memperlihatkan bahwa kandidat mempunyai skill persuasif dan public speaking yang baik.

 

Kemampuan Problem Solving dan Decision Making yang baik

Terdapat beberapa tahapan-tahapan agar membuktikan bahwa diri anda mempunyai sikap yang baik dalam melakukan problem solving dan decision making

Pada saat tahap pemberian case study, interviewer dapat melihat sejauh mana kandidat dapat menjawab permasalahan yang nantinya akan ditemukan dalam menjalankan tugasnya. Kandidat yang baik adalah mereka yang meminta detail mendalam terkait masalahnya, menganalisis kemungkinan kondisi yang dapat terjadi, mempertimbangkan secara reasoning keputusan yang akan diberikan, serta dampak yang akan dirasakan dari keputusan tersebut. Kandidat yang dapat melalui tahapan ini dengan baik membuktikan bahwa dirinya memiliki skill problem solving dan decision making.

 

Visioner

Orang-orang yang memiliki pandangan visioner biasanya mempunyai perencanaan kedepan dengan jangka yang cukup panjang

Kandidat yang dapat menentukan arah dan tujuan hidupnya dengan detail dan jelas menggambarkan bahwa dirinya memiliki pandangan yang visioner. Dirinya sudah menetapkan dengan matang apa saja langkah-langkah dan tahapan yang harus dicapai sehingga beberapa langkah lebih maju dibandingkan orang lain.

Bersikap Tenang dalam Kondisi Apapun

 

Ketenangan dibutuhkan dalam menghadapi segala macam tantangan yang ditemukan dalam kehidupan, beberapa diantaranya dalam ditemukan dalam dunia pekerjaan

 

Dalam dunia pekerjaan, pastinya dalam setiap tugas-tugas akan selalu dihadapkan dengan berbagai macam kondisi yang mengharuskan untuk menjaga ketenangan Anda. Jika tidak, Anda akan merasa kesulitan untuk berpikir jernih dan berdampak pada pengambilan keputusan yang salah.

 

Oleh karena itu sifat tenang ini diperlukan karena menunjukkan bahwa kandidat dapat bertahan dengan baik pada kondisi apapun, dan jika diperlukan, juga membantu menstabilkan ketenangan tim dalam menghadapi tantangan yang cukup berat.

Mampu Menyebarkan Aura yang Positif

 

kandidat yang dapat menyebarkan aura positifnya dengan baik menunjukkan dapat mempengaruhi lingkungan kerja agar lebih positif dan nyaman

 

Apakah Anda pernah melihat deskripsi pada sebuah job vacant dimana membutuhkan kandidat yang “fun and energetic person”? Itulah gambaran bahwa suatu perusahaan membutuhkan seseorang yang memiliki aura yang positif. 

Aura yang positif dalam lingkungan kerja dapat mempengaruhi kenyamanan, juga dapat membangun motivasi dalam bekerja. Jika Anda sedang melakukan wawancara dengan kandidat dan Anda merasakan bahwa kandidat tersebut memancarkan aura positif yang besar, artinya kandidat tersebut memiliki sikap leadership.

Bagaimana Cara Menemukan Kandidat yang Tepat?

Menentukan bahwa kandidat Anda mempunyai sikap leadership tidak saja dapat dilihat melalui CV/resume yang mereka tulis. Anda perlu melakukan assessment yang lebih mendalam untuk menentukannya. Assessment, terutama yang online, bisa membantu Anda menyaring kandidat dengan kualitas leadership yang baik bahkan sebelum interview. Proses hiring nantinya akan berjalan lebih efektif dan hemat tenaga.

Di Dreamtalent, Anda bisa melakukan online assessment agar dapat melihat karakter-karakter yang kandidat milik seperti minat, bakal, skill, dan kepribadian sehingga dapat menentukan dengan tepat bahwa kandidat tersebut memiliki sikap leadership..  

Memiliki seseorang dengan leadership yang kuat dapat menjadi kunci kesuksesan perusahaan Anda. Capaian kinerja perusahaan yang maksimal, lingkungan kerja yang positif dan produktif, serta dapat mencapai visi dan misi perusahaan yang sudah direncanakan. Oleh karena itu, kandidat dengan sikap ini dapat menjadi investasi jangka panjang bagi perusahaan Anda.

Related Blog

Yehezkiel Faoma Taslim - 13 Dec 2019
Annisa Novianty - 24 Aug 2022