Blog

Career Switch: Siapkah Kamu?

Karier - 02 Sep 2022 by Annisa Novianty

Summary. Melakukan perubahan karier tidak ada salahnya, justru penting untuk perkembangan karier kamu kedepannya. Ada beberapa hal yang dapat dijadikan pertimbangan untuk melakukan career switch beserta tantangan yang harus kamu hadapi. Tidak ada kata terlambat untuk melakukan perubahan karier kamu selama kamu komitmen terhadap diri sendiri.

Expectations. Setelah membaca artikel ini, maka kamu dapat memahami dasar pertimbangan untuk melakukan career switch.

 

Merasa jenuh dengan pekerjaan kamu? Merasa tidak ada semangat maupun hasrat bekerja di posisi kamu sekarang? Merasa tidak berkembang di posisi kamu sekarang? Atau kamu menemukan interest baru yang ingin kamu lakukan dalam jangka panjang? Mungkin kamu bisa mempertimbangkan untuk melakukan career switch. Banyak sekali dari pekerja yang menemukan passion dan skill mereka setelah terjun dalam dunia kerja.  Tapi tunggu dulu, pertimbangkan dahulu dengan matang alasan dan juga plan karier kamu kedepannya.

 

Melakukan career switch tidak semudah menyalakan mesin mobil. Pertimbangkanlah dengan matang.

 

Kenapa Harus Melakukan Career Switch?

Menemukan passion dan bakat

Mungkin pada beberapa orang melamar pekerjaan hanya dengan orientasi penghasilan dan … Bekerja dengan passion dan bakat, maka uang akan mengikuti. Kenapa? Karena bekerja dengan passion dan bakat akan membuat kamu lebih semangat dan totalitas. Hasilnya akan jauh lebih baik dan maksimal karena adanya bakat tersebut. 

 

Tidak semua orang memiliki bakat, tetapi semua orang bisa belajar.

 

Bakat apabila tidak disertai dengan passion akan kalah dengan orang yang memiliki passion tinggi dan semangat belajar tinggi. Jauh lebih baik lagi apabila passion disertai bakat. Nah, apabila kamu merasa tidak ada passion dalam pekerjaan kamu dan kurang berbakat dalam bidang tersebut, coba pertimbangkan untuk melakukan perubahan karier. Perlu diingat, kamu harus terlebih dahulu menemukan passion dan bakat kamu kemudian buat career plan

Mengejar karier bukan pekerjaan

Karier dan pekerjaan merupakan dua hal yang berbeda. Pekerjaan merupakan tugas yang dilakukan dengan kecenderungan orientasi terhadap gaji, sedangkan karier akan kamu lakukan selama hidup dan terdapat jenjang yang akan kamu lalui. Jadi tentukan karier sesuai dengan passion kamu sehingga kamu tidak merasa kelelahan secara mental dan fisik.

Menemukan tujuan hidup 

Ketika merasa tidak ada passion pada hal yang kamu kerjakan dan merasa tidak memiliki bayangan atas diri kamu di masa depan dengan posisi tersebut, melakukan perubahan karier dapat kamu pertimbangkan. Tidak sedikit orang yang merasa salah jurusan setelah terjun langsung ke dalam dunia kerja. Mencari tujuan hidup sangat penting untuk menentukan karier dan rencana hidup kamu nantinya. Jika kamu sudah memantapkan tujuan, jangan lupakan rencana hidup agar kamu selamat sampai pada tujuan hidup kamu.

 

"Menetapkan tujuan bukanlah hal yang utama. Itu adalah memutuskan bagaimana kamu akan mencapainya dan tetap dengan rencana itu." - Tom Landry

 

Memutuskan career switch seperti hidup dan mati karena masa depan adalah misteri.

Tantangan yang Dihadapi Saat Melakukan Career Switch

Melakukan adaptasi lagi

Adaptasi sudah makanan sehari-hari bagi manusia yang pada dasarnya merupakan makhluk sosial. Mungkin hal ini dapat terdengar melelahkan, apalagi bagi kaum introvert. Hal ini mau tidak mau harus kamu hadapi. Selain adaptasi dengan karier baru, kamu juga harus beradaptasi dengan lingkungan kerja baru, orang-orang baru, dan hal baru lainnya. Jadi sudah siapkah kamu?

Mempelajari hal baru

Mempelajari hal baru tidak semudah yang dibayangkan. Seperti pesawat terbang, biasa disebut critical eleven 3 menit sebelum lepas landas merupakan saat-saat kritis dan krusial, saat itulah perasaan overwhelmed, merasa tak mampu, ataupun menyesal kerap terjadi. Tetapi hal tersebut tidak berlangsung lama asalkan kamu terus memotivasi diri dan mempertahankan kinerja kamu.

Memulai karier dari nol

Melakukan perubahan karier sama seperti kamu mengisi bensin, “mulai dari nol ya kak.” Seperti yang sudah dijabarkan bahwa karier memiliki jenjang, maka kamu akan memulai dari dasar lagi. Mental untuk memulai dari awal harus kuat dan artinya orang-orang yang lebih muda dari kamu bisa jadi berada di posisi yang lebih tinggi dari kamu.

 

Buat career plan dan pahami passion kamu sebelum melakukan career switch.

Tidak Ada Kata Terlambat untuk Career Switch

Inilah pentingnya memahami passion kamu sedini mungkin agar lebih mudah menentukan karier yang akan kamu gapai. Temukan passion dan skill kamu dengan melakukan psikotes. Seperti psikotes dalam Dreamtalent yang memberikan gambaran secara deskriptif mengenai diri kamu sehingga dapat membantu kamu untuk membuat career plan.

Tidak ada kata terlambat untuk melakukan career switch asalkan kamu mempersiapkan semuanya dengan matang. Persiapkan dahulu bekal untuk karier baru kamu sebelum mengajukan resign. Kamu akan menjalani karier seumur hidup, maka dari itu passion dan interest terhadap hal yang kamu kerjakan sangatlah penting untuk perkembangan karier dan juga kesehatan mental kamu.

Related Blog

Andhika Pramudya - 09 Nov 2022
Annisa Novianty - 08 Jul 2022