Interview Mendadak? Gak Takut!
Karier | 09 Sep 2022 | By Yehezkiel Faoma Taslim
Interview Mendadak? Gak Takut!

Summary. Interview dadakan pasti rasanya campur aduk ya? Apalagi buat kamu yang mungkin baru pertama kali melakukannya, baik tatap muka maupun jarak jauh. Tapi gak usah khawatir, kamu bisa mulai dengan kumpulkan berkas yang dibutuhkan, melakukan riset, dan yang paling penting adalah latihan public speaking. 

Expectations. Setelah membaca artikel ini, dapat mengetahui apa yang harus dilakukan agar interview kamu berjalan dengan lancar

 

Pasti kamu pernah berada di situasi mendapatkan kabar interview mendadak, baik offline maupun online. Hasilnya kalau ada keperluan lain pasti akan di cancel semuanya, atau kalau memang gak bisa di cancel sama sekali, terpaksa untuk minta reschedule ke HR.

Dan kamu pasti bingung harus apa kalau di minta mendadak, apalagi jika pertama kali interview, pasti rasanya campur aduk. Ketika kamu dalam sebuah interview mendadak, baik tatap muka maupun jarak jauh wajib banget untuk kamu menempatkan diri dalam mode interview profesional,.

Tersenyum dengan postur yang baik dan memastikan bahwa kamu membuat kesan terbaik yang kamu bisa. Dan itu semua harus diiringi dengan persiapan-persiapan kecil namun berarti, diantaranya:

Kumpulkan berkas yang dibutuhkan

HR akan memberimu kabar via Email atau Whatsapp jika kamu lolos ke tahap interview, nah umumnya pesan tersebut berisikan nama kamu, posisi yang kamu lamar, tanggal dan jam kamu interview.

 

Pada saat mengirim lamaran kerja, pastinya kamu sudah mengirimkan sebuah CV ke Email HR. Akan tetapi, CV tetap wajib kamu bawa saat interview.

 

Selain itu, biasanya HR akan mengirimkan sebuah formulir yang wajib kamu isi dan print, kemudian dijadikan satu pada map coklat dengan berkas lainnya seperti foto diri dengan background biru yang terbaru, serta surat lamaran.

Tips interview mendadakmu berjalan dengan lancar: siapkan berkas yang dibutuhkan, do your research, dan latihan public speaking

Melakukan riset

Cari informasi mengenai perusahaan yang kamu lamar sebanyak-banyaknya, mulai dari bergerak di bidang apa, apa yang mereka jual, visi dan misi, bahkan jika perlu ketahui sejak kapan perusahaan berdiri.

 

Karena nantinya HR akan menilai bahwa kamu memang sungguh-sungguh ingin bergabung disana. Kamu bisa mencari informasi perusahaan lewat websitenya di pencarian Google,  akun sosial medianya seperti Instagram, Twitter, dan Linkedin.

Latihan public speaking

Bagian dari kesuksesan interview kerja adalah kemampuan kamu untuk memasarkan dengan jelas tentang pengalaman, dan keterampilan yang berkaitan pada posisi yang kamu lamar. Cerita membuat kamu menarik, memungkinkan kamu untuk memamerkan kepribadian dan juga menunjukkan keterampilan komunikasi yang baik.

 

Di sela-sela latihan interview, jangan lupa selipkan pertanyaan untuk HR, karena memiliki pertanyaan menunjukkan seberapa tertarik kamu sebenarnya dalam peran tersebut. Kamu juga bisa kerjain psikotes lebih dulu, karena ada beberapa perusahaan yang memang mengadakan tes mendadak.

 

Pertanyaan maut: “Ceritakan tentang dirimu”

Biar gak bingung menjawabnya, pastikan kamu mengenali dulu dirimu dengan psikotes seperti Dreamtalent. Di hasil tes Dreamtalent, kamu bisa mengetahui kepribadianmu, kelebihanmu, bahkan juga kelemahanmu, biar kamu bisa menjawab pertanyaan ini dengan jujur dan percaya diri.

 

Pastikan kamu menjawab dengan jujur sesuai keadaan dirimu saat itu, karena memanipulasi jawaban akan menjadi bumerang untuk keberhasilanmu.