Blog

Bingung Setelah Lulus Kuliah? Baca 4 Tips Ini!

- 07 Oct 2021 by Fuji Ulya Nurrahmi

Suasana sesaat setelah lulus kuliah secara resmi dengan prosesi wisuda.


Setelah menjalani kehidupan kuliah selama kurang lebih 4 tahun, melewati setiap lika-likunya, suka-dukanya, serta pahit manisnya, kamu akhirnya lulus kuliah dan dinyatakan sebagai sarjana. 

Saat masih duduk di bangku kuliah, wajar apabila kamu merasa bahwa kelulusan dan gelar sarjana adalah tujuan akhirmu. Kamu juga berpikir bahwa setelah itu bisa melanjutkan kehidupan yang lancar di depan sana berbekal ilmu dan pengalaman yang telah kamu dapat. 

Namun, pandangan itu berubah saat segala perayaan wisudamu sudah berakhir. 


Kamu segera menyadari bahwa 
menjadi seorang fresh graduate ternyata tidaklah mudah.


Kamu akan kehilangan temanmu satu persatu karena mereka sudah berada di jalan hidupnya masing-masing. Kamu sadar bahwa titel sarjana saja tidak cukup untuk mendapatkan pekerjaan. Kamu merasa tekanan dari pihak luar, terutama keluarga, sudah semakin mengganggu keseharianmu. 

Pada akhirnya, kamu mungkin akan merasa gelisah, bingung, dan kehilangan arah.

Tenang, kamu tidak sendirian. Kegelisahan dan kebingungan setelah lulus kuliah adalah hal yang wajar. Namun, itu bukan alasanmu untuk terus merasa terpuruk. 

Bagaimanapun, roda kehidupan ini tidak hanya berputar pada porosmu. Semua orang sedang berlomba-lomba menjadi yang terbaik. Maka dari itu, kamu juga tidak boleh kalah! 

Berikut adalah hal-hal yang harus kamu lakukan untuk mengatasi kebingunganmu setelah lulus kuliah. Yuk, simak!


1. Kenali Dirimu Sendiri


Sebelum melakukan hal-hal besar di luar sana, hal terpenting yang harus kamu lakukan justru dimulai dari dalam dirimu sendiri. 


Rasa bingung juga kemungkinan besar muncul karena kamu belum mengenal dirimu sepenuhnya. 

Kita semua tahu bahwa kebingungan ini mengacu pada dua hal utama, yaitu karier dan masa depan. Setelah lulus kuliah, kamu tiba-tiba mempertanyakan banyak hal dalam hidupmu. Pas mau tidur, kamu sering overthinking.


Overthinking setiap malam memikirkan masa depan setelah lulus kuliah.

Kapan ya bisa sukses kayak orang-orang?


  • “Bekal ilmu dan pengalaman waktu kuliah cukup nggak ya buat kerja?”
  • “Langsung lanjut S2 atau kerja dulu ya?”
  • “Aku bisa meniti karier di perusahaan D, ‘kan?”
  • “Aku bisa sukses nggak ya?”
  • ....dan masih banyak lagi.

Untuk bisa menjawab pertanyaan-pertanyaan itu, kamu harus menjernihkan pikiranmu terlebih dulu. Setelah menjalani berbagai rangkaian proses akademik dan prosedur administrasi setelah lulus yang melelahkan, kamu berhak beristirahat sejenak. Kamu bisa melakukan olahraga-olahraga ringan agar mood jadi bagus, melanjutkan hobi-hobi yang tertunda karena sibuk skripsian, pokoknya give yourself a treat, deh.

Setelah merasa siap, kamu bisa mulai menyusun strategi untuk rencana masa depanmu. 

  • Pertama-tama, kamu harus mengevaluasi apa saja yang sudah kamu lakukan selama masa pendidikan dan apa yang kamu dapatkan dalam prosesnya.
  • Kemudian, ketahui keahlian apa yang kamu perlu kamu pertajam untuk bisa mendapatkan pekerjaan impianmu.
  • Terakhir, tulis hal apa saja yang benar-benar ingin kamu lakukan di masa depan.

Dengan mengidentifikasi, mengenali, dan mengetahui apa yang benar-benar kamu inginkan, kamu bisa memutuskan hal-hal apa saja yang harus kamu lakukan untuk mencapai tujuanmu. Salah satu cara seru untuk membantumu semakin mengenali diri dan minat karier adalah dengan melakukan psikotes online yang fun layaknya main game seperti di Dreamtalent.


2. Tingkatkan Keterampilanmu Secara Online


Seekor kucing sedang belajar banyak hal melalui laptopnya.


Setelah mengenal dirimu sendiri dan mengetahui tujuanmu, hal yang harus kamu lakukan sekarang adalah meningkatkan keterampilanmu. Lulus kuliah bukan berarti kamu berhenti belajar, justru sekarang adalah saat yang tepat untuk memperluas wawasan dan menjadi lebih produktif. 

Mengingat banyaknya tantangan baru yang menanti di luar sana, kamu harus cepat beradaptasi dan tidak hanya terpaku pada satu kemampuan saja. 

Pada era digital seperti sekarang, berbagai kursus dan kelas untuk meningkatkan keterampilan sudah sangat mudah diakses melalui internet. Jadi, kamu tidak perlu pergi ke mana pun. 


It's just you and your laptop against the world.


Sejak pandemi melanda seluruh dunia, mengikuti kursus dan kelas online menjadi hal yang cukup populer. Maka dari itu, banyak pula penyedia layanan kursus dan kelas dengan berbagai penawaran terbaiknya. Seperti Google Skillshop, Coursera, Udemy, Skill Academy, dan lain sebagainya.

Kamu bisa mengikuti kursus atau kelas mengenai keterampilan yang bersifat universal. 

  • Kamu bisa mulai belajar atau meningkatkan kemampuan bahasa asingmu. Menguasai suatu bahasa adalah jembatan agar kamu bisa terhubung dengan dunia yang lebih luas lagi. Hal ini tentu akan memberikan banyak manfaat untuk kelancaran kariermu. 
  • Ikuti kursus atau kelas yang bisa meningkatkan soft skills-mu. Tidak hanya yang bersifat teknis, kini banyak juga kursus/kelas online yang menyediakan materi untuk mengembangkan soft skills-mu. Seperti kiat-kiat public speaking, time management, critical thinking, cara agar jadi lebih disiplin, dan masih banyak lagi.
  • Ikuti kelas mengenai skill yang sedang banyak dicari. Diantaranya yaitu desain grafis dan copywriting karena sekarang banyak sekali perusahaan yang membutuhkan seseorang dengan keterampilan tersebut. 
  • Ikut kelas bisnis. Tidak lupa, kelas mengenai bisnis juga bisa menjadi pilihan terbaik untuk kamu yang berminat menjadi pengusaha. 

Selain meningkatkan keterampilanmu, salah satu manfaat terbaik dari mengikuti kursus dan kelas yaitu tentu saja bisa memperbesar peluang untuk mendapatkan pekerjaan impianmu. 

Sebagai tambahan, akan lebih baik lagi apabila kamu mengikuti kelas dan kursus yang memiliki sertifikasi resmi agar bisa kamu lampirkan di CV dan profil LinkedIn untuk personal branding-mu.


3. Ikuti Program Magang


Akan ada saatnya kamu hanya ingin dapat internship.


Sebagai fresh graduate atau mahasiswa yang hanya terbiasa menjalani kehidupan kuliah, kamu pasti bertanya-tanya seperti apa dunia kerja itu. Untuk menjawab rasa penasaranmu mengenai dunia kerja, mengikuti program magang adalah jawaban yang paling tepat. 

Banyak keuntungan yang akan kamu dapatkan ketika mengikuti program magang. Kamu akan memperoleh banyak pelajaran dan keterampilan yang tidak hanya berguna untuk kehidupan kariermu, tapi juga bisa kamu terapkan dalam kehidupan sehari-hari.

Menurut College Raptor, beberapa hal ini adalah keuntungan mengikuti program magang.

  • Tahu cara berkomunikasi secara profesional melalui berbagai platform.  Saat kuliah, kamu mungkin masih bingung gimana caranya ngomong di meeting, cara ngomong sama atasan, cara ngobrol sama klien, dan lain sebagainya. Melalui magang, kamu akan mengetahui dan banyak belajar cara berkomunikasi di lingkungan kerja. Selain komunikasi secara langsung, kamu juga akan belajar gimana cara komunikasi melalui email dan aplikasi pesan lainnya. Program magang adalah tempat yang tepat untuk melatih dan meningkatkan kemampuan komunikasimu.
  • Menambah relasi dan koneksi. Program magang akan mempertemukanmu dengan orang-orang yang telah berpengalaman di bidangnya masing-masing. Hal ini bisa menjadi kesempatan emas untuk belajar banyak hal mengenai jobdesc yang kamu kerjakan, kiat-kiat untuk memperlancar perjalanan kariermu, juga bisa menjadi pembuka jalan menuju pekerjaan impianmu kelak.
  • Belajar menentukan prioritas. Selama program magang berlangsung, kamu akan diberi banyak tugas dan tanggung jawab. Kesempatan ini akan melatihmu untuk lebih bisa menentukan prioritas dalam mengerjakan hal-hal yang bersifat lebih penting terlebih dulu. Kamu yang saat kuliah pernah sambil magang dan ikut organisasi pasti sudah tidak asing dengan hal ini.
  • Pengalaman bekerja. Tentu saja! Program magang adalah cara terbaik untuk mendapatkan pengalaman bekerja sebelum kamu terjun ke dunia kerja yang “sesungguhnya”. Pengalaman kerja adalah salah satu syarat yang paling dicari oleh kebanyakan lowongan pekerjaan. Dengan memiliki persiapan dan pengalaman kerja ini, kamu akan jauh lebih stand out dari yang lain dan siap berhadapan dengan dunia kerja di depan sana.
  • Belajar untuk selalu tepat waktu. Apabila selama kuliah kamu masih bisa mendapatkan toleransi untuk keterlambatan, fyi, dunia kerja tidak lagi mengenal hal itu. Sebagai profesional, sangat penting untuk selalu tepat waktu karena hal ini berkaitan dengan kepentingan orang banyak. Maka dari itu, program magang juga akan membuatmu lebih terlatih untuk selalu tepat waktu. Hal ini tentu saja bisa diterapkan dalam keseharianmu juga.
  • Belajar menyelesaikan masalah. Dalam proses magang, kamu pasti akan menemukan masalah yang harus segera kamu selesaikan. Apabila saat kuliah kamu sering menyelesaikan permasalahan yang hanya ada di buku, kini saatnya menerapkan teori-teori itu dalam kehidupan nyata. Belajar menyelesaikan masalah pada saat magang akan melatihmu untuk terbiasa menyelesaikan berbagai masalah dengan cepat dan tepat. 

Banyak sekali manfaat yang akan kamu dapatkan setelah ikut program magang, ya. Melalui magang ini juga, kamu bisa mengetahui apa yang menjadi kelebihan dan kekuranganmu selama bekerja. Dengan begitu, kamu bisa menentukan jenis pekerjaan dan perjalanan karier yang ingin kamu lakukan sesuai dengan kelebihan dan kekurangan yang masih bisa kamu atasi.

Kamu juga bisa membaca tips-tips untuk mendapatkan internship dan sedikit ‘bekal’ agar kamu bisa bertahan selama prosesnya. 


4. Daftar Jadi Volunteer


Sekumpulan orang yang menyatukan tangan saat melakukan kegiatan volunteer.


Selain mengikuti program magang, mendaftar menjadi volunteer atau sukarelawan juga menjadi pilihan yang sangat patut kamu coba, apalagi jika kamu senang membantu orang lain dan ikut serta dalam kegiatan sosial. Selain bisa bertemu dengan orang-orang dengan berbagai latar belakang dan saling berbagi energi positif, kegiatan volunteer juga memiliki banyak manfaat, loh.

Menurut Volunteer Scotland, melalui kegiatan volunteering kamu bisa mendapatkan hal-hal berikut.

  • Menambah kepercayaan diri. Kegiatan volunteer akan memiliki banyak rangkaian acara yang membuatmu mempelajari keterampilan dan mendapatkan pengalaman baru. Pada kesempatan ini, kamu akan melakukan hal-hal baru yang bahkan mungkin tidak pernah kamu bayangkan sebelumnya. Menguasai sesuatu hal yang baru tentu saja akan meningkatkan kepercayaan dirimu.
  • Membuat perubahan. Kegiatan volunteer memiliki dampak nyata dan positif untuk komunitas maupun masyarakat secara umum. Dengan mengikuti kegiatan volunteer, kamu telah menjadi seseorang yang sedikit banyak telah membuat perubahan.
  • Menjadi bagian dari komunitas. Apabila setelah lulus kamu merasa aneh karena tidak berada dalam suatu naungan tertentu lagi, kegiatan volunteer akan memberimu komunitas itu. Kamu akan merasa lebih ‘hidup’ karena menjadi bagian dari sebuah komunitas lagi.
  • Membantumu mengenali diri dan menemukan tujuan. Saat mengikuti kegiatan volunteer, kamu akan melakukan banyak hal. Dari sini, kamu akan tahu hal-hal apa saja yang membuat kamu enjoy menjalaninya. Di sisi lain, kamu juga akan menyadari hal-hal yang tidak begitu kamu sukai. Dengan demikian, kamu bisa menentukan langkah yang akan kamu ambil selanjutnya sesuai dengan passion-mu.


Jangan bingung lagi, ya?


Nah, itulah hal-hal yang bisa kamu lakukan untuk mengatasi kebingunganmu setelah lulus kuliah. Semoga setelah membaca ini kamu bisa mendapatkan gambaran lebih baik tentang apa yang benar-benar kamu inginkan. Setelah itu, kamu bisa melanjutkan perjalanan kariermu dengan lancar.

Namun, jika kamu masih butuh mengenal diri sendiri lebih dalam lagi, seperti mengenali kepribadian dan minat kariermu, kamu bisa melakukan psikotes online yang akan memberikan gambaran dirimu secara ilmiah di sini.

Last but not least, percayalah bahwa kamu bisa menemukan keajaiban di dalam dirimu. Jangan menyerah dan tetap semangat ya!