Blog

Beer And Brag: Ini 3 Cara Meningkatkan Employee Well Being

Tempat Kerja - 10 May 2023 by Anne Andrea Widjaja

Summary: Employee well being atau kesejahteraan karyawan adalah hal yang sudah tidak asing lagi. Semua perusahaan memiliki caranya masing-masing untuk meningkatkan kesejahteraan karyawan. Kesejahteraan yang berhubungan dengan benefit, kebahagiaan, dan juga kesehatan karyawan harus menjadi prioritas setiap perusahaan. Melalui artikel ini Anda dapat memahami lebih dalam lagi arti employee well being dan dapat mempertimbangkan beberapa cara di bawah dalam meningkatkan kesejahteraan karyawan. 

 

Expectations: Setelah membaca artikel ini, Anda dapat mengetahui dan memahami arti dari employee well being, contohnya, dan apa dampak yang diberikan kepada perusahaan. Anda juga dapat mempertimbangkan contoh-contoh di bawah sebagai sarana dalam meningkatkan employee well being atau kesejahteraan karyawan.

 

Pernah tidak Anda berpikir apa yang dapat Anda lakukan untuk meningkatkan employee well being atau kesejahteraan karyawan Anda? Atau Anda mencari solusi peningkatan kesejahteraan karyawan yang lebih unik lagi? Mungkin Anda pernah dengar dengan istilah “Beer and Brag”, sebuah solusi yang dapat Anda gunakan untuk meningkatkan employee well being atau kesejahteraan karyawan Anda.

 

Tapi, “Beer and Brag” itu ngapain aja, kok bisa sampai meningkatkan kesejahteraan karyawan? 

 

Nah, sebelum kita lanjut mendalami “Beer and Brag”, lebih baik kita terlebih dahulu mendalami dan memahami makna dari employee well being atau kesejahteraan karyawan beserta dampak dan alasan mengapa Anda harus melakukan peningkatan employee well being



Employee Well Being, Apa Yang Anda Ketahui?

 

Employee wellbeing pada umumnya memiliki definisi sebagai keseluruhan kesehatan mental, fisik, emosional, dan juga ekonomi karyawan Anda.

 

Rasanya, sebagai HR Anda sudah pasti sering sekali mendengar yang namanya employee well being. Istilah tersebut juga lebih sering dikenal dengan sebutan kesejahteraan karyawan

 

Employee well being juga berhubungan langsung dengan istilah-istilah seperti employee happiness, employee benefit, employee satisfaction, atau employee experience. Memang semua istilah tersebut memiliki hubungan satu dengan yang lain. Namun walaupun berhubungan, masing-masing istilah memiliki cara pendekatan dan penerapan program yang berbeda.

 

Employee well being pada umumnya memiliki definisi sebagai keseluruhan kesehatan mental, fisik, emosional, dan juga ekonomi karyawan Anda. 

 

Kesejahteraan karyawan yang terdiri dari kesehatan segala aspek itu dipengaruhi oleh beberapa faktor, mulai dari relasi dengan  rekan kerja, relasi dengan lingkungan kerja, keputusan yang mereka buat, hingga alat atau sumber daya yang dapat mereka akses. Namun, faktor yang memiliki pengaruh terbesar terhadap kesejahteraan karyawan adalah jam kerja, upah, hingga keamanan lingkungan kerja. 

 

Walaupun sudah menjadi pengetahuan umum bahwa upah memberikan dampak terbesar terhadap kesejahteraan karyawan, namun sayangnya masih ada beberapa pihak yang tidak menghiraukan keluhan karyawannya. 

 

Untuk mendukung pernyataan tersebut, pada bulan Februari 2022, menurut data dari Badan Pusat Statistik masih terdapat 50,61% karyawan di Indonesia yang menerima upah di bahwa UMP (Upah Minimum Provinsi).

 

Tentunya dengan Anda memberikan program employee well being terbaik, karyawan Anda juga pasti akan terus berkembang menjadi lebih baik pula. 

 

“Karyawan yang sejahtera akan memberikan dampak besar kepada perkembangan perusahaan.“

 

Lalu, apa yang dapat Anda lakukan untuk meningkatkan employee well being?

 

Meningkatkan Employee Well Being, Ini Caranya!

 

Berikut beberapa contoh kegiatan yang dapat Anda lakukan, mulai dari kegiatan karyawan hingga program kesehatan.

 

Sebagai HR, Anda bertanggung jawab atas semua hal yang berkaitan dengan karyawan, mulai dari perkembangan karyawan, kesejahteraan karyawan, benefit yang diterima karyawan, dan lain-lain. Terkadang sampai bingung harus melakukan apa untuk meningkatkan kesejahteraan karyawan. Berikut beberapa contoh kegiatan yang dapat Anda lakukan. 

 

1. Kegiatan Karyawan

 

Salah satu contoh kegiatan karyawan yang dapat meningkatkan kesejahteraan karyawan adalah Beer and Brag. Seperti yang sudah di sebutkan di atas, Beer and Brag adalah kegiatan yang dilakukan oleh perusahaan-perusahaan di Norwegia untuk meningkatkan kesejahteraan karyawan. Terus apa aja yang dilakukan ketika Beer and Brag?

 

Jadi, Beer and Brag adalah satu hari di akhir atau awal bulan setelah karyawan menerima gaji, dimana perusahaan mengumpulkan semua karyawan mereka. Perusahaan menyusun sebuah acara untuk karyawan dan semua pengeluaran difasilitasi oleh perusahaan, mulai dari makanan, minuman, hingga voucher atau doorprize. 

 

Beer and Brag ini dilakukan untuk menghilangkan sejenak beban-beban yang ditanggung oleh karyawan. Jika dilihat sekilas, Beer and Brag ini mirip dengan gathering yang sering dilakukan oleh perusahaan Indonesia. Namun sayangnya perusahaan di Indonesia jarang sekali melakukan gathering atau kumpul karyawan secara leisure. 

 

2. Memberikan Employee Benefit

 

Pemberian employee benefit adalah salah satu cara yang dapat Anda lakukan untuk meningkatkan kesejahteraan karyawan Anda. Dengan memberikan benefit, pekerjaan serta kehidupan pribadi karyawan Anda dapat terjamin. 

 

Selain itu, employee benefit juga dapat membantu karyawan Anda agar “stress free” terhadap masalah-masalah yang mungkin mereka hadapi. Employee benefit yang perusahaan Anda berikan dapat berupa fasilitas, asuransi, atau bahkan membuat koperasi perusahaan untuk membantu permasalahan keuangan karyawan

 

3. Program Kesehatan Karyawan

 

Bekerja selama 8 jam per hari bukanlah waktu yang singkat, apalagi dibebani oleh pekerjaan-pekerjaan lainnya. Hal yang dapat Anda lakukan untuk menjaga dan meningkatkan kesejahteraan karyawan dalam hal ini adalah dengan melakukan program kesehatan karyawan

 

Program kesehatan karyawan ini dapat Anda lakukan mulai dari hal paling simpel hingga hal yang besar. Contohnya mulai dari menyediakan snack sehat hingga mengadakan check-up kesehatan gratis untuk para karyawan secara rutin. Pastinya dengan menyediakan sarana pendukung kesehatan karyawan, tentunya hal itu akan mendukung juga peningkatan produktivitas kerja karyawan Anda. 

 

Employee well being adalah hak seluruh karyawan dan employee well being harus menjadi prioritas perusahaan. Ketika Anda peduli dengan karyawan, dampaknya juga akan kembali kepada perusahaan sendiri, mulai dari peningkatan kinerja, produktivitas, hingga loyalitas. 

 

Anda dapat mengenali kesejahteraan karyawan lebih lanjut lagi melalui The Ultimate 2023 HR Trends Guide