Udah Masuk Kerja Masih Holiday Mood? Lakukan 3 Hal Ini!
Tempat Kerja | 27 Apr 2023 | By Yehezkiel Faoma Taslim
Udah Masuk Kerja Masih Holiday Mood? Lakukan 3 Hal Ini!

Summary: Libur lebaran yang cukup panjang memberimu kesempatan untuk beristirahat. Namun, libur lebaran justru menjadi liburan yang cukup banyak menguras energi. Sudah terlalu nyaman dengan situasi liburan membuat kamu menjadi enggan untuk kembali bekerja. Melalui artikel ini, kamu dapat melakukan beberapa tips untuk mengembalikan produktivitas kamu, mulai dari istirahat yang cukup hingga membuat to-do list. 

 

Expectations: Setelah membaca artikel ini, kamu dapat mengetahui dan mempertimbangkan untuk menerapkan tips-tips bagaimana cara mengembalikan rasa produktivitas setelah cukup lama meninggalkan kebiasaan saat di kantor. 



Rasanya hal yang satu ini sudah pasti dirasakan oleh semua orang deh. Iya sudah pasti pernah dirasakan oleh setiap orang. Siapa sih yang gak pernah merasa malas di minggu pertama masuk kerja setelah liburan? Apalagi libur lebaran, dimana kamu pasti habis bersantai sambil kumpul keluarga. 

 

Seminggu pertama setelah libur lebaran pasti rasa liburannya masih sangat menempel dengan kamu. Hal inilah yang sering kali membuat kamu rasanya malas untuk mengerjakan apa-apa ketika masuk kerja

 

Tapi sebenarnya apa sih yang membuat kamu malas untuk kerja setelah libur panjang? Padahal kamu sudah diberikan waktu yang relatif cukup banyak untuk beristirahat dan refreshing.

 

Males Banget Kerja Habis Libur. Apa Penyebabnya?

 

Justru libur yang panjang itu menjadi alasan utama mengapa banyak sekali orang malas untuk kembali bekerja setelah liburan. Liburan yang panjang juga berarti kamu tidak melakukan kegiatan rutinitas kamu dengan waktu yang lama juga.

 

Namun, justru libur yang panjang itu menjadi alasan utama mengapa banyak sekali orang malas untuk kembali bekerja setelah liburan. Liburan yang panjang juga berarti kamu tidak melakukan kegiatan rutinitas kamu dengan waktu yang lama juga. 

 

Hal tersebut berarti rutinitas yang biasa kamu jalankan setiap harinya, secara perlahan mulai hilang karena kamu sudah terbiasa dengan rutinitas ketika kamu libur. Namanya juga libur, pasti rutinitas akan lebih santai, mungkin bangun lebih siang dan lebih bersantai-santai. 

 

Libur Panjang? Ini Tips Meningkatkan Produktivitas!

 

Rutinitas saat liburan itulah yang membuat kamu “kaget” lagi dengan rutinitas kamu yang sebenarnya. Adaptasi perlu juga dilakukan ketika kamu baru saja kembali masuk kerja. Berikut adalah beberapa tips yang dapat kamu lakukan untuk mengembalikan dan meningkatkan produktivitas setelah berlibur panjang, mulai dari istirahat yang cukup hingga membuat to-do list.

 

Rutinitas saat liburan itulah yang membuat kamu “kaget” lagi dengan rutinitas kamu yang sebenarnya. Adaptasi perlu juga dilakukan ketika kamu baru saja kembali masuk kerja. Berikut adalah beberapa tips yang dapat kamu lakukan untuk mengembalikan dan meningkatkan produktivitas setelah berlibur panjang. 

 

1. Istirahat Cukup Sebelum Hari Kerja

 

Tanpa kamu sadari, justru istirahat adalah hal yang paling penting jika kamu ingin produktif dalam semua kegiatan kamu. Walaupun libur, tapi libur lebaran bisa menjadi libur yang melelahkan untuk kamu. Dengan perjalanan mudik, mengunjungi rumah keluarga-keluarga, hingga tempat wisata bisa menjadi kegiatan yang menguras banyak energi.

 

Dengan istirahat sebelum hari kerja, kamu dapat menyimpan energi yang cukup untuk melalui hari pertama kerja di kantor. Dengan energi yang cukup, setidaknya kamu dapat melakukan beberapa kegiatan yang dapat mendorong produktivitas kamu. 

 

2. Tidur Lebih Cepat

 

Memang libur lebaran adalah saat yang paling tepat untuk temu kangen dan juga reuni dengan teman dan keluarga. Kadang, saking kangennya dan saking asiknya ngobrol, kamu jadi lupa waktu dan sering kali begadang. 

 

Tapi sebelum masuk kerja, kebiasaan kamu tidur malam sudah harus mulai ditinggalkan. Kamu harus tidur lebih cepat agar dapat beristirahat cukup untuk hari esok. 

 

3. Membuat To-Do List

 

Tips yang satu ini adalah tips yang membantu kamu untuk bekerja secara produktif di hari pertama kamu kerja. Membuat to-do list berarti kamu mempersiapkan apa saja yang akan kamu kerjakan ketika kamu kembali ke kantor. 

 

Dengan to-do list, kamu akan lebih leluasa dalam menentukan pekerjaan yang akan kamu kerjakan, dan kamu yang pasti tidak akan kebingungan lagi mau ngapain ketika masuk kerja nanti. Membuat to-do list juga akan membuat kamu lebih produktif karena kamu mengerjakan tujuan-tujuan kamu dalam hari itu. 

 

Tentunya, selain tips-tips di atas, produktivitas juga dapat muncul dari diri kamu sendiri. Dengan kemauan yang kuat dan komitmen kamu terhadap pekerjaanmu dapat mendorong kamu untuk lebih semangat dalam mengerjakan tugas-tugasmu. 

 

Namun sayangnya, rasa malas sering kali melawan kemauan kamu untuk produktif. Kamu sudah menerapkan tips-tips di atas tapi masih juga belum produktif? Mungkin karena kamu memiliki tingkatan fokus yang masih rendah.

 

Ketika kamu memiliki tingkatan fokus yang tinggi, kamu akan memiliki ambisi dan fokus yang tidak mudah teralihkan. Sebaliknya, jika kamu memiliki tingkatan fokus yang rendah, kamu memiliki fokus yang mudah teralihkan dan kamu akan kesulitan untuk menjaga fokus.

 

Contoh hasil tes psikometri dari Dreamtalent di atas menunjukkan bahwa ketika kamu memiliki tingkatan fokus yang tinggi, kamu akan memiliki ambisi dan fokus yang tidak mudah teralihkan. Dengan ambisi yang tinggi dan tidak mudah teralihkan, secara tidak langsung kamu akan memiliki motivasi yang tinggi

 

Sebaliknya, jika kamu memiliki tingkatan fokus yang rendah, kamu memiliki fokus yang mudah teralihkan dan kamu akan kesulitan untuk menjaga fokus. Hal ini yang membuat kamu kurang produktif, karena kamu akan lebih mudah untuk terdistraksi. 


Untuk mengatasi hal tersebut, kamu dapat menemukan cara terbaik untuk menjaga fokus dan meningkatkan tingkatan fokus kamu melalui tes psikometri dari Dreamtalent.