Magang Underpaid? Apa Berarti Magang Kehilangan Manfaatnya?
Karier | 09 May 2023 | By Dreamtalent Blog Writer
Magang Underpaid? Apa Berarti Magang Kehilangan Manfaatnya?

Summary: Melihat beberapa lowongan magang memberi penawaran dengan gaji yang underpaid itu worth dan ada manfaat nggak sih? Yuk cari jawabannya. 

Expectations: Setelah membaca artikel ini, kamu akan memahami lebih dalam mengenai hak dan kewajiban sebagai karyawan magang.



Magang merupakan salah satu kesempatan terbaik bagi kamu dan para jobseeker lainnya untuk memulai awal karirmu. Fresh Graduate juga pasti menganggap bahwa magang adalah pilihan yang tepat dalam mendapatkan pengalaman yang baik. 

 

Namun tidak sedikit yang berpikir bahwa yang bisa didapatkan dari magang hanyalah uang dan merasa bahwa magang yang underpaid adalah hal yang sia-sia dan tidak bermanfaat. 

 

Magang Underpaid Kira-Kira Worth It Nggak Ya?

 

Gambar penyanyi Drake dalam musik videonya, yang menggambarkan karyawan yang sedang mempertimbangkan apakah magang underpaid itu memiliki manfaat dan memenuhi hak magang atau tidak.

Magang tentunya bukanlah kegiatan yang secara asal-asal diciptakan oleh sebuah perusahaan. Berdasarkan Undang-Undang Ketenagakerjaan Nomor 13 Tahun 2003, magang adalah sistem pelatihan kerja secara langsung yang dibimbing dan diawasi oleh pekerja yang lebih berpengalaman untuk menguasai keterampilan atau keahlian tertentu.

 

Pada dasarnya, saat kamu magang tentunya workload dan jam kerja yang diberikan ke kamu akan berbeda dengan karyawan berbayar lainnya. Banyak yang menilai dan terpaku dengan kata underpaid saat magang sehingga kegiatan magang dinilai kurang ada manfaat dan dinilai melanggar hak magang.

 

“Buat apa magang kalau gajinya underpaid? Jangan-jangan kamu cuma diperbudak doang? Hak-hak kamu gak terpenuhi tuh!”

 

Untuk benar-benar memahami apakah yang kamu dapatkan saat magang sudah sesuai atau belum, kamu harus mengetahui dan memahami terlebih dahulu hak dan kewajiban saat kamu magang. 

 

Yuk Kenali Hak dan Kewajiban Magang!

 

Gambar seseorang sedang membaca buku, menggambarkan karyawan yang sedang mencari tahu mengenai hak magang dan hukum mengenai magang underpaid.

 

Seperti yang sudah disebutkan, magang bukanlah kegiatan yang secara asal-asalan dibuat oleh perusahaan. Ada hukum yang mengaturnya, begitu juga hukum mengenai hak untuk para peserta magang tersebut. Berdasarkan Peraturan Menteri Tenaga Kerja dan Transmigrasi Republik Indonesia (Permenakertrans) Nomor PER/22/MEN/IX/2009 tentang kegiatan magang di dalam negeri sebagai berikut:

 

Hak Anak Magang:

  • Memperoleh fasilitas keselamatan dan kesehatan kerja selama mengikuti pemagangan;

  • Mendapatkan uang saku dan/atau uang transport;

  • Mendapatkan jaminan sosial tenaga kerja;

  • Memperoleh sertifikat pemagangan apabila dinyatakan lulus.

Kewajiban Anak Magang:

  • Mentaati perjanjian pemagangan;

  • Menaati tata tertib yang berlaku di perusahaan penyelenggara pemagangan;

  • Menjaga nama baik perusahaan penyelenggara pemagangan.

Saat kamu menganggap kegiatan magang adalah kegiatan yang tidak bermanfaat karena gaji yang kamu anggap underpaid, bukan berarti kamu tidak mendapatkan hak kamu sebagai karyawan magang. 

 

Manfaat Magang yang Harus Kamu Ketahui

 

Gambar seseorang mendapatkan hadiah, yang menggambarkan bahwa magang underpaid hanya satu dari banyaknya manfaat magang.

 

“Bukannya magang tidak ada gunanya ya selain untuk nambah uang? Kalau dibayar underpaid jadi buang-buang waktu dong?”

 

Jika kamu masih merasa bahwa kegiatan magang dengan gaji yang underpaid hanyalah itu saja dan tidak memiliki manfaat lain, maka kamu salah besar. Magang bisa memberikanmu banyak hal yang bisa menjadi landasan dan awal mula kamu meniti karir.

  1. Pengalaman Kerja

Manfaat yang utama tentunya dengan magang kamu bisa mendapatkan pengalaman kerja. Dengan melihat bagaimana rekan kamu bekerja dan juga dengan mengerjakan tugasmu, kamu bisa mendapatkan pengalaman yang sangat berharga.

Hal ini sangatlah penting dan tentunya berharga sebelum kamu benar-benar masuk ke dunia kerja.

  1. Mengasah Keterampilan

Selama magang, kamu akan mendapatkan kesempatan untuk mengenal diri kamu lebih dalam, termasuk mengetahui kelebihan dan kelemahanmu. Kamu tentunya juga bisa belajar dari melihat dan bertanya ke rekan kerjamu dan meminta feedback mengenai performamu. 

Dengan begitu, kamu bisa tahu apa saja yang bisa kamu perbaiki dan tingkatkan untuk mengasah kembali keterampilanmu

  1. Memperluas Relasi

Saat kamu magang, tentunya kamu juga akan mendapatkan relasi yang lebih luas dan bahkan lebih ke ranah yang profesional. Tidak menutup kemungkinan bahwa relasi yang telah kamu dapatkan akan menjadi hal yang penting untuk kamu nantinya. 

Karena itu, buat dan bangunlah relasi secara profesional seluas mungkin agar bisa menjadi manfaat untuk kamu nantinya. 

  1. Lebih Percaya Diri

Saat magang, kamu pasti akan dipercayakan oleh rekan ataupun atasan kamu untuk melakukan tugasmu sendiri. Selain melatih keterampilan dan menambah pengalaman, hal ini juga bisa meningkatkan kepercayaan diri kamu. 

Dengan kepercayaan diri yang meningkat, kamu pun akan lebih yakin dengan apa yang kamu kerjakan dan lebih siap untuk menghadapi hal-hal lain nantinya.

  1. Kesempatan Eksplorasi Karir

Magang bisa memperkenalkan kamu pada tugas-tugas yang tiap harinya akan dikerjakan nantinya pada sebuah profesi. Hal ini tentu merupakan manfaat yang sangat berguna agar kamu tidak kaget nantinya. 

Namun selain itu, hal ini juga bisa membantumu untuk memutuskan apakah profesi yang ingin kamu dalami sudah sesuai dengan kemampuan dan kepribadianmu. Kamu juga nantinya bisa meminta saran dari rekan dan senior kamu di sana. 

  1. Membuka Peluang Kerja

Manfaat terakhir yang bisa kamu dapatkan dari magang adalah terbukanya peluang kerja di waktu yang akan datang. Dengan magang di suatu perusahaan, tentunya kamu akan bertemu dengan banyak orang dalam ranah profesional, dan mereka pun juga akan melihat dan menilai kinerja kamu. 

Jika kamu telah menunjukkan kemampuan dan skill semaksimal mungkin, tidak menutup kemungkinan bahwa hal tersebut akan membuka peluang kerja yang lebih besar lagi untukmu. 

 

Masih Tidak Yakin Dengan Diri Kamu?

Setelah mengetahui lebih tentang magang, kamu setidaknya sudah bisa menilai bahwa gaji yang kamu anggap underpaid bukanlah satu-satunya acuan dalam mencari tempat magang. Kamu juga harus bisa melihat manfaat-manfaat lainnya yang bisa kamu dapatkan dari tempat magang tersebut. 

Selain itu, kamu juga harus lebih mengenal diri kamu dan mengetahui nilai dan kemampuan pada dirimu yang bisa kamu tawarkan untuk perusahaan. Kamu bisa melakukan tes psikologi seperti yang ada pada Dreamtalent agar bisa memastikan kembali karier mana yang tepat untuk kamu.