Kandidat Baru Pasca Lebaran, Ini Yang Harus Perusahaan Lakukan!
Rekrutmen | 27 Apr 2023 | By Dreamtalent Blog Writer
Kandidat Baru Pasca Lebaran, Ini Yang Harus Perusahaan Lakukan!

Summary: Ramainya kandidat baru atau jobseeker dalam mencari pekerjaan baru pasca lebaran merupakan hal yang umum ditemukan bagi para perusahaan. Karena itu, Anda sebagai HR pun harus lebih mempersiapkan perusahaan Anda dalam menumpuknya  lamaran yang datang.

 

Expectations: Setelah membaca artikel ini, Anda sebagai HR bisa lebih mempersiapkan diri dalam mencari dan memilih kandidat baru untuk perusahaannya pasca libur lebaran.



Maraknya karyawan resign pasca lebaran tentu sudah bukan hal baru lagi, karena banyak dari mereka yang memutuskan hal tersebut setelah mendapatkan THR dari perusahaannya. Oleh karena itu, departemen HR pun pasti menerima lebih banyak lamaran daripada biasanya setiap habis lebaran. Maka Anda sebagai HR harus memiliki persiapan dalam proses rekrutmen pada para kandidat baru tersebut.

 

Lalu, apakah hal-hal yang perlu disiapkan Anda untuk proses rekrutmen tersebut?

Mengapa Banyak Kandidat Baru Pasca Lebaran? 

 Ini adalah gambar karakter yang sedang mencari sesuatu, yang menggambarkan Kandidat Baru yang sedang mencari Perusahaan Baru Pasca Lebaran

Tentunya karyawan tidak resign tanpa alasan yang jelas. Pasti ada berbagai macam alasan kenapa mereka memutuskan hal tersebut, tidak terkecuali saat pasca lebaran. Umumnya, mereka memutuskan untuk memiliki waktu lebih banyak bersama keluarga, atau ingin mencari pekerjaan baru yang lebih sesuai dengan keinginan mereka. 

 

Tidak sedikit juga mereka memutuskan untuk resign karena ketidaksesuaian lingkungan kerja. Hal tersebut membuat mereka akan mencari lagi lingkungan kerja yang sesuai dengan yang mereka inginkan, seperti work-life balance, dan perusahaan yang lebih apresiatif dan juga membuat mereka lebih berkembang.

 

Rekrutmen Pasca Lebaran, Siapkan Hal-Hal Ini! 

Sebagai HR, tentunya Anda membutuhkan proses rekrutmen yang cukup panjang dan juga teliti dalam memilih kandidat baru yang tepat untuk perusahaan Anda. Untuk menghadapi hal tersebut, Anda harus mempersiapkan beberapa hal agar tidak salah dalam memilih karyawan yang tepat.

 

Berikut adalah hal-hal yang bisa membantu melancarkan proses rekrutmen Anda.

Susunlah Rencana Rekrutmen 

Ini adalah gambar sebuah kertas berisikan hal-hal yang bisa dilakukan atau to-do list yang melambangkan beberapa hal yang bisa dilakukan oleh HR dalam proses Rekrutmen Pasca Lebaran kepada Kandidat Baru 

Saat karyawan resign, tentunya mereka akan mendapatkan notice period sebelum mereka benar-benar keluar dari perusahaannya masing-masing. Maka meskipun mereka resign setelah lebaran, tetap akan ada waktu untuk Anda mencari kandidat baru yang bisa menggantikan kepergian karyawan Anda. Pada interval waktu tersebut, Anda pun bisa melakukan beberapa hal untuk mempersiapkan proses rekrutmen yang akan dilakukan, beberapa di antaranya adalah: 

  • Memasang iklan pada website perusahaan atau sosial media perusahaan 

  • Memilih dan menentukan kembali CV yang tepat untuk dilanjut ke proses rekrutmen selanjutnya.

  • Mengecek kembali assessment test yang akan diberikan kepada kandidat baru yang memenuhi kriteria.

  • Memastikan dan memeriksa kembali daftar pertanyaan yang akan ditanyakan dalam proses wawancara.

  • Menyiapkan dan mempersiapkan hal-hal teknis lainnya.

 

Menjadwalkan Orientasi untuk Kandidat Baru

ini adalah gambar sebuah kalender yang diubah tanggalnya yang menggambarkan proses rekrutmen menentukan tanggal yang tepat untuk Kandidat Baru bisa masuk pasca lebaran 

Setelah melakukan proses rekrutmen yang cukup panjang, Anda seharusnya sudah bisa mendapatkan kandidat baru yang paling tepat untuk mengisi posisi kosong di perusahaan Anda. Maka yang perlu dilakukan selanjutnya adalah menentukan tanggal setelah lebaran untuk proses orientasi terhadap kandidat baru tersebut. 

Dengan adanya masa orientasi ini, maka kandidat baru pun akan bisa lebih cepat dan mudah beradaptasi dengan budaya dan lingkungan bekerja di perusahaan yang baru.

 

Hubungi Kandidat yang Pernah Gagal

ini adalah gambar sebuah karakter yang mengatakan untuk tidak putus hubungan yang menggambarkan HR yang tetap menyimpan kontak kandidat baru yang ditolak saat proses rekrutmen pasca lebaran 

Dalam proses rekrutmen, terutama pasca lebaran, tentunya Anda akan ingin melakukan segala halnya dengan lebih cepat. Namun, tidak ada salahnya untuk menghubungi kembali kandidat yang memang gagal saat masa rekrutmen berlangsung. Kandidat tersebut bisa saja sesuai di bidang yang lainnya atau memang sesuai di bidang yang mereka inginkan namun terlewat begitu saja oleh Anda. Jadi, Anda bisa menyimpan beberapa kontak kandidat yang dirasa potensial untuk kedepannya.

 

Dengan menghubungi mereka, Anda juga telah menunjukkan bahwa perusahaan telah melakukan proses rekrutmen secara profesional dan menghargai waktu para kandidat yang telah melamar dan mengikuti proses rekrutmen meskipun masih dikelilingi aura pasca lebaran.

 

Anda juga bisa mengetahui lebih lanjut mengenai apa yang harus dilakukan dan apa yang harus dipersiapkan sebagai HR dalam proses rekrutmen kandidat baru melalui The Ultimate 2023 HR Trends Guide.

The Ultimate 2023 HR Trends Guide: Gen Z, Hybrid Work, Employee Experience & Wellbeing

Apakah Itu Saja?

Berikut merupakan beberapa hal yang sekiranya bisa menjadi bahan pertimbangan Anda para HR untuk membantu melancarkan proses rekrutmen Anda terhadap para kandidat baru yang mendaftar di pasca lebaran.

 

Memang, proses rekrutmen saat pasca lebaran akan terkesan lebih terburu-buru karena Anda pastinya ingin kekosongan pada perusahaan Anda segera diisi tanpa mengganggu operasional perusahaan. Namun bukan berarti Anda harus gegabah dan melakukan semuanya tanpa persiapan, karena ketelitian Anda juga menjadi salah satu faktor penting selama proses rekrutmen berlangsung.


Selain itu, Anda juga perlu mengetahui kepribadian kandidat baru maupun karyawan Anda untuk menciptakan budaya dan lingkungan kerja yang sesuai dengan apa yang dibudayakan oleh perusahaan Anda. Untuk itu, Anda bisa melakukan tes psikometri seperti yang tersedia di Dreamtalent. Dengan mengenali kepribadian karyawan, tentunya akan lebih mempermudah proses rekrutmen yang sesuai dengan kebutuhan perusahaan Anda.