Job Insecurity: Jangan Malu Dengan Pekerjaanmu!
Karier | 24 Jul 2023 | By Dreamtalent Blog Writer
Job Insecurity: Jangan Malu Dengan Pekerjaanmu!

Summary: Job insecurity menimbulkan perasaan cemas yang tak dapat dibendung dan merasa tidak aman terhadap pekerjaan yang kamu jalani. Hal ini dipicu dengan penyebab lainnya dan bisa memberi dampak yang bermacam-macam. Namun, hal ini bisa di atasi dengan mengenali diri kembali.

 

Ekspetasi: Setelah kamu membaca artikel ini  bisa mengenali tentang job insecurity. Kemudian, kamu dapat mengenali penyebab, dampak, dan cara untuk mengatasinya.

 

Apakah kamu seorang fresh graduate yang sedang malu dengan pekerjaan yang kamu jalani saat ini? Apakah kamu pernah merasa iri terhadap pekerjaan teman kamu? Hal ini sebenarnya wajar dirasakan oleh kamu. Biasanya hal ini dikenal dengan job insecurity

 

Lalu, jangan menyepelekan hal ini karena dampak dari job insecurity ini makin lama akan menggangu kamu. Jadi, mari simak penjelasan di bawah ini untuk mengetahui lebih dalam job insecurity agar kamu lebih aware akan hal ini!

Mengenal Job Insecurity

Job insecurity merupakan perasaan yang tidak nyaman atau insecure, adanya perasaan kecemasan, dan terancam di lingkungan pekerjaan. Kemudian, perasaan tidak aman ini berhubungan dengan jaminan jangka waktu di masa depan. Selain itu, dalam jangka waktu yang panjang dapat mempengaruhi orang dengan efek yang berbeda. 

 

Dikutip dari Harvard Business Review, efek negatif dari job insecurity  pada hubungan sosial dan kesehatan mental serta fisik. Hal tersebut pemicunya bisa bersumber dari mana saja.

 

Seseorang yang sedang pusing karena merasa insecure terhadap pekerjaanya.

Penyebab Job Insecurity

Adanya Trauma Terhadap Sosial

Perasaan tidak aman terhadap lingkungan kerja dan rasa rendah diri karena masa lalu kamu yang belum selesai, misalnya kamu pernah mengalami bullying. Hal ini menimbulkan rasa tidak percaya diri pada diri kamu sendiri. Jika trauma ini tidak bisa kamu atasi  dapat mempengaruhi diri kamu di lingkungan sosial.

Pengaruh Lingkungan

Seorang fresh graduate atau yang baru lulus kuliah sering di tanya oleh saudara atau tetangga sekitar, seperti kerja dimana? Hal ini biasanya sering terjadi di lingkungan dari orang terdekat atau tetangga, terkadang akan menimbulkan pertanyaan yang lain dan yang bisa membuat kamu insecure

 

Hal tersebut akan memicu pola pikir kamu yang berpiki, “Apa saya kurang cukup ya?” dan masih banyak pertanyaan yang akan timbul dan membuat kamu makin insecure.

 

Melihat Pencampaian Orang Lain

Kamu mungkin pernah melirik pekerjaan dari teman kamu dan bisa saja timbul rasa iri. Kamu harus tahu bahwa orang tersebut juga mengalami proses yang panjang seperti kamu yang sekarang sedang merintis juga. Kamu jangan hanya melihat ke atas, tetapi kamu harus juga melihat ke bawah agar dapat mensyukuri hal-hal yang lainnya. 

 

Apa Aja Sih Dampak Job Insecurity?

Kurangnya Motivasi

Ketika kamu khawatir terhadap sesuatu, maka sulit bagi kamu untuk fokus pada pekerjaan saat ini dan tetap termotivasi di tempat kerja. Hilangnya motivasi dan perspektif ini dapat menyebar dan membuat pola pikir seorang berubah. 

Hal ini dapat menyebabkan kinerja yang buruk, seperti masalah yang lebih besar di tempat kerja, dan rasa harga diri yang lebih rendah.

Kelelahan dan Stress Jangka Panjang

Ketidakstabilan pekerjaan karena kamu merasa tidak aman yang berlangsung dalam jangka waktu yang lama dapat menyebabkan stres dan kelelahan. Regulasi emosi yang buruk biasanya merupakan tanda kesehatan mental yang buruk dan kesehatan mental yang buruk membuat kamu lebih sulit mengendalikan emosi. 

 

Pikiran kamu terjebak dalam pemikiran yang tak berujung sehingga sulit untuk menemukan solusi atau bahkan merasakan kebahagiaan sesaat dalam hidup atau pekerjaan kamu. Hal ini membuat kamu lebih sulit untuk menyelesaikan sesuatu. 

Timbulnya Penyakit 

Rasa insecure yang berkepanjangan dapat menyebabkan setress dan timbulnya penyakit, seperti penyakit jantung dan gangguan metabolisme lebih sering terjadi pada orang yang mengalami stres jangka panjang. Meskipun stress itu sendiri tidak menyebabkan diabetes, stress dapat memengaruhi produksi insulin dan menyebabkan kebiasaan buruk seperti makan berlebihan. 

 

Stress juga dapat membuat orang kurang termotivasi dan kurang percaya diri sehingga lebih sulit untuk melakukan hal-hal seperti berolahraga atau makan dengan baik. Semua hal tersebut meningkatkan kemungkinan terkena diabetes dan membuatnya lebih sulit untuk dikelola.

3 Tips Mengatasi Job Insecurity

Mencoba Mengenali Kembali Diri Kamu

Meluangkan waktu untuk mengenali dan menjaga kesehatan fisik serta mental kamu. Bisa dimulai dengan menghirup udara di pagi hari dan berolahraga, makan makanan yang kamu sukai dan menyehatkan, dan meluangkan waktu untuk melakukan hal-hal yang membuat kamu bisa mengenali diri kamu. 

Mengetahui Value Kamu

Berhentilah berpikir negatif dan jangan merendahkan diri sendiri. Tidak ada yang akan diuntungkan dari hal ini terutama diri kamu sendiri. Gunakan waktu kamu untuk melakukan aktivitas yang akan membantu menguatkan pikiranmu. Jangan merendahkan kemampuan yang kamu miliki dan terus berpikir positif. 

 

Menghemat Uang

Pertahankan dana darurat untuk membuat kamu tetap bertahan jika kamu tiba-tiba merasa insecure dan ingin pindah pekerjaan. Memiliki cukup uang untuk membayar sewa rumah, makanan, dan kebutuhan dasar lainnya sambil mencari pekerjaan akan mengurangi kekhawatiran kamu jika kamu sudah bertekad bulat ingin switch career karena sudah merasa tidak aman dengan pekerjaan kamu yang sekarang. 

 

Jadi, Jangan Mudah Merasa Insecure

Sebenarnya merasa insecure merupakan tindakan yang wajar karena kamu mungkin merasa pencapaian kamu tidak sesuai dengan orang lain, merasa cemas, dan merasa takut. Namun, kamu harusnya dapat menarik kembali apa yang membuat kamu insecure karena hal ini akan berdampak pada beberapa faktor serta dapat diatasi. 

 

Kemudian insecure ini karena meragukan diri kamu sendiri. Hal ini karena mungkin belum mengenali secara diri kamu secara penuh dan kamu bisa mengenali diri kamu lewat Dreamtalent.id untuk melakukan psikotes kepribadian agar kamu tahu dimana bakat dan minat kamu sebenarnya. Kemudian, kamu tidak boleh mudah untuk merasa insecure karena kamu melalui proses mendapat pekerjaan tersebut tidak mudah.