Problem Solving: Penting Untuk Team Anda!
Pengembangan Diri | 13 Jul 2023 | By Dreamtalent Blog Writer
Problem Solving: Penting Untuk Team Anda!

Summary: Problem solving merupakan kemampuan untuk menyelesaikan masalah dengan solusi yang tepat dengan tujuan agar masalah pada teamwork dapat diatasi dengan mudah. Hal ini perlu melalui beberapa step yaitu;  Mengidentifikasi masalah;  Melakukan brainstorming solusi;  Mengembangkan Beberapa Solusi; memilih Solusi yang Sesuai;  Merencanakan implementasi Solusi; 6)Mengawasi dan Assesment.

Expectations: Setelah membaca artikel ini, Anda dapat mengenal problem solving yang penting untuk team Anda dalam menyelesaikan suatu masalah dengan solusi yang sesuai.

Anda pasti pernah menemui masalah pada tim se-divisi Anda bukan? Banyaknya individu yang memiliki banyak karakter yang berbeda-beda dan latar belakang yang tidak sama. Hal tersebut memicu adanya masalah. Mulai dari masalah yang kecil hingga yang besar. Oleh karena itu, pentingnya memahami metode problem solving untuk menyelesaikan bermacam-macam masalah. Lalu, Anda dapat mengenal problem solving dan bagaimana prosesnya, berikut ini!

Mengenal Problem Solving

Problem solving ini merupakan kemampuan dalam melalui menyelesaikan masalah menggunakan keterampilan berpikir kritis untuk mendapatkan sebuah solusi. Memecahkan masalah bersama team Anda akan menghasilkan solusi yang baik. Ketika orang-orang di dalam divisi bekerja sama, maka mereka akan menuangkan segala pemikiran dan memilih salah satu solusi untuk menyelesaikan masalah tersebut dan hal ini akan meningkatkan kinerja teamwork Anda kedepannya.

Kemudian, problem solving ini dapat diartikan juga untuk mengidentifikasi masalah dan menemukan solusi yang paling efektif dan efisien. Lalu, memecahkan masalah mampu melatih tim Anda untuk membedakan mengenai core dari masalah yang ada.

Ada pendapat lain dari Oemar Hamalik mengenai problem solving merupakan proses yang berkaitan dengan kemampuan nalar dan mental dalam penemuan masalah.

Problem solving merupakan kemampuan untuk menyelesaikan masalah dengan solusi yang tepat dengan tujuan agar masalah pada teamwork dapat diatasi dengan mudah.

 

Tujuan dari Problem Solving

Setelah kita Mengetahui apa itu problem solving, Anda juga perlu tahu tujuan metode problem solving, berikut ini:

  1. Melatih orang-orang dalam tim untuk menghadapi masalah yang ada

  2. Melatih tim untuk bertindak yang benar dan apa yang harus dilakukan

  3. Membuka pandangan mereka terhadap pandangan baru dalam menyelesaikan masalah

  4.  Menyadarkan orang-orang di divisi jika setiap ada masalah pasti ada solusinya

Dengan mengetahui tujuan ini, Anda dapat menciptakan teamwork yang baik. Lalu, hal ini pengaruh bisa menciptakan lingkungan kerja yang solid.

Step Penerapan Metode Problem Solving

Setelah mengenal tujuan dari problem solving, mari mengenal step dalam problem solving:

Mengidentifikasi Masalah

Langkah pertama dan paling penting dalam memecahkan masalah teamwork dengan mengidentifikasi masalah secara akurat. Masalah yang akan dibahas yang dipilih oleh teamwork Anda harus didasarkan pada inti pembelajaran yang pernah dialami. Jika sebuah tim tidak melakukan langkah ini dengan serius dan teliti akan menghasilkan solusi yang kurang mendukung pula. Kemudian tim Anda harus fokus pada masalah yang bisa dikontrol , seperti yang dikatakan Rick DuFour (2004), daripada berfokus ke luar pada hal-hal  yang tidak dapat Anda kendalikan, tim Anda harus mengidentifikasi masalah yang berada dalam lingkup pengaruhnya. Hal ini diibaratkan DuFour menyebutnya dengan melihat "ke dalam cermin" dan bukannya "ke luar jendela."

Melakukan Brainstorming Berbagai Solusi 

Ketika Anda dan tim Anda melakukan brainstorm mengenai pendapat tentang berbagai kemungkinan solusi, maka penting untuk mempertimbangkan siapa saja yang terkena dampak dari masalah tersebut. Pastikan orang-orang ini yang terlibat dalam proses pengambilan keputusan. Anda dapat mengajak seorang fasilitator yang tidak masuk dalam orang-orang berkaitan yang sebelumnya disebutkan karena fasilitator bisa memberi solusi netral untuk membantu masalah dalam tim Anda. 

Mengembangkan Beberapa Solusi

Langkah selanjutnya adalah merumuskan beberapa solusi tentang  memecahkan masalah yang Anda identifikasi dengan menyerang akar penyebabnya. Jadi menyusun beberapa solusi dapat mengetahui sebab dan akibat.

 

 Ibaratnya, “Jika kita melakukan X, maka Y akan terjadi.” 

 

Dengan kata lain, tindakan apa yang menurut tim Anda akan mengarah pada hasil yang Anda inginkan.

Memilih Solusi yang Sesuai

Setelah Anda melakukan mengembangkan beberapa opsi solusi dengan anggota tim untuk mendapatkan perspektif dari mereka, maka saatnya untuk melihat berbagai strategi dan memutuskan solusi mana yang sesuai untuk masalah yang dihadapi. Saat menentukan solusi, pertimbangkan dua pertanyaan utama berikut ini: Apa hasil yang diinginkan dari solusi ini dan siapa yang akan mendapatkan keuntungan dari solusi ini? 

Tentukan tenggat waktu kapan keputusan ini harus diambil dan informasikan kepada orang-orang divisi terkait. Terkadang ada terlalu banyak orang yang harus mengambil keputusan. Gunakan penilaian terbaik Anda dalam memilih solusi pada selama pengalaman teamwork yang ada dan berdasarkan batasan yang diberikan untuk melakukan hal-hal besar dengan cepat. 

Merencanakan Implementasi Solusi

Mempersiapkan untuk menerapkan strategi sangat penting. Tim Anda harus mengidentifikasi sumber daya dan beberapa hal yang dibutuhkan untuk menjalankan strategi dengan sukses. Dalam kasus ini bisa saja tim Anda mendapat hal baru yang bisa dicoba. Kemudian keberhasilan atau kegagalan strategi sebagian besar bergantung pada kemampuan teamwork yang relevan untuk melakukan tugas-tugas yang membuat strategi berjalan serta penting untuk mengidentifikasi kesenjangan pengetahuan atau keterampilan dalam fase perencanaan.

Mengawasi dan Assesment  

Setelah merencanakan solusi yang dipilih. Rencana membutuhkan energi dan perhatian. Setelah rencana tindakan untuk mengatasi masalah ditetapkan, rencana tersebut harus dipantau dan disesuaikan seperlunya serta adanya assesment dari hasil pengawasan. 

Pentingnya Problem Solving

Problem solving ini penting untuk tim karena memiliki berbagai tujuan untuk mengenali masalah dan mengetahui solusi berupa tindakan apa yang harus diberikan. Kemudian ada beberapa tahapan dari problem solving dari identifikasi masalah hingga assessment.   

Berkaitan dengan assessment terhadap minat, kepribadian, dan dasar sifat dari pekerja yang berada di dalam tim Anda bisa dilakukan di Dreamtalent yang mana dengan psikometri assessment bisa diketahui.