Masuk Kantor Baru, Siap Adaptasi Lagi? Ini Tipsnya!
Tempat Kerja | 26 Jul 2023 | By Dreamtalent Blog Writer
Masuk Kantor Baru, Siap Adaptasi Lagi? Ini Tipsnya!

Summary: Seorang karyawan baru penting  untuk bisa beradaptasi di kantor yang baru. Beradaptasi dengan baik akan membuat kamu lebih nyaman dan membuat performa kerja yang baik serta bisa menambah dan meningkatkan skill. Kemudian, beberapa tips ini bisa untuk kamu ikuti agar bisa beradaptasi di kantor barumu.  

 

Ekspetasi: Setelah membaca artikel ini, kamu bisa mengetahui mengenai adaptasi di pekerjaan dan bisa mengikuti tips-tips untuk beradaptasi di kantor baru.

 

 

Apakah kamu karyawan baru? Apakah kamu sekarang sedang beradaptasi di kantor baru? Jika ya, perlu diingat jika proses adaptasi ini penting bagi kamu dan dalam hal ini kamu akan menemui hal-hal yang bersifat baru.

 

Kemudian, setiap orang memiliki waktu untuk beradaptasi yang berbeda-beda. Ada yang seminggu dan ada pula yang sebulan atau lebih untuk bisa beradaptasi di kantor baru. Jadi, buat kamu karyawan baru bisa membaca tips dibawah ini agar kamu bisa beradaptasi dengan baik.

Mengenal Adaptasi Di Kantor Baru

Berisi tips-tips adaptasi untuk karyawan baru di tempat kerja yang baru.

 

Adaptasi di kantor baru merupakan proses yang biasanya dilakukan oleh karyawan baru yaitu untuk menyesuaikan diri kamu dengan lingkungan kerjamu di kantor yang baru. Jika kamu beradaptasi dengan baik, maka hal itu  membuat kamu lebih nyaman. Sebaliknya, jika kamu tidak bisa beradaptasi dengan baik, maka akan timbul stress yang membuat pekerjaan kamu tidak bisa berjalan mulus. Hal ini selaras dengan penelitian oleh Diah Sari, stress kerja dapat memberikan produktivitas kerja dan prestasi kerja.

 

Selain itu, selama kamu beradaptasi biasanya skill yang kamu miliki bisa meningkat atau bertambah. Kemudian, hal ini berhubungan dengan efektivitas dalam pekerjaan karena hal ini akan lebih baik karena skill yang kamu miliki meningkat dan bertambah membuat produktivitas dalam bekerja juga meningkat.

Apa Aja Sih Tips Untuk Beradaptasi Di Kantor Baru?

Gambar orang yang bertanya mengenai tips-tips untuk seorang karyawan baru saat memasuki kantor baru.

Menerima Adanya Perubahan

Pahami bahwa perubahan adalah bagian yang tak lepas dari kehidupan, baik di dalam maupun di luar tempat kerja. Dengan belajar menerima bahwa perubahan maka banyak kesempatan atau hal baik dalam hidup yang akan muncul ketika kamu mau menerima perubahan. Lepaskanlah segala sesuatu yang dulu berada ditempat kerja kamu sebelumnya. Ingatkan diri kamu bahwa perubahan berarti ada peluang besar yang akan datang.

Jangan Malu Bertanya

Ingatlah bahwa kamu seorang karyawan baru dan sedang melewati proses yang baru, jadi akan ada banyak hal yang harus kamu pelajari. Lalu, mengajukan beberapa pertanyaan pada karyawan lain dan atasan di divisi kamu akan membantu kamu memiliki pemahaman yang jelas dan lebih dalam tentang pekerjaan kamu. Hal ini akan membantu kamu beradaptasi lebih baik dengan lingkungan kerja yang baru.

 

Kenali Rekan Kerja Baru Kamu

Semakin cepat kamu dapat mulai membangun hubungan dengan rekan tim baru kamu, semakin nyaman kamu berada di kantor baru sebagai karyawan baru. Untuk itu, kamu bisa mengikuti hal-hal berikut ini:

 

  • Berusahalah untuk sering bertemu dengan rekan kerja tim kamu dan mengingat nama mereka.
  • Bersikaplah ramah dengan rekan kerja kamu.
  • Cobalah untuk memahami peran dan tanggung jawab rekan kerja baru kamu.
  • Bersikaplah proaktif dan tanyakan kepada atasan atau rekan satu tim kamu dengan menawari bantuan pada pekerjaan mereka yang masih bisa kamu kerjakan dan saat kamu sudah menyelesaikan atau tidak ada pekerjaan yang sedang dikerjakan.
  • Bersabarlah dan tetap berpikiran terbuka.

 

Tetapkan Tujuan Baru dan Realistis.

Sekarang kamu berada di lingkungan kantor baru dengan budaya kerja yang berbeda dengan tempat kerja kamu sebelumnya, kamu perlu memikirkan kembali beberapa tujuan kamu sebelumnya yang tidak sesuai dengan kantormu yang baru. Menetapkan tujuan yang baru dan realistis akan membantu kamu memfokuskan kembali tujuan kamu yang baru.

 

Dengan tujuan kamu yang baru akan mengembangkan perubahan pola pikir yang mengarahkan energi kamu untuk beradaptasi dengan lingkungan kerja dan budaya kerja kamu yang baru sehingga dapat mencapai tujuan baru kamu.

Fokus Pada Yang Bisa Kamu Kontrol

Biarkan diri kamu fokus pada tugas dan tanggung jawab yang dapat kamu kendalikan sepenuhnya. Tanyakan pada diri sendiri apa yang bisa kamu capai satu hari tersebut dan fokuslah untuk menyelesaikan pekerjaan satu persatu.  

 

Kamu juga bisa menggunakan kesempatan ini untuk merenungkan apa yang inginkan dalam karier pekerjaan kamu yang baru. Kamu juga coba untuk mengidentifikasi skill apa pun yang ingin kamu pelajari atau kembangkan lebih lanjut dan tambahkan ke dalam daftar fokus pada tujuan kamu.

Jangan Menetapkan Ekspetasi

Saat masuk ke kantor baru, kamu sebagai karyawan baru biasanya mempunyai harapan sesuatu yang berbeda dari pekerjaan kamu sebelumnya. Mendapat tantangan baru ini dengan pikiran terbuka, tetapi perlu kamu ketahui jangan mencoba menetapkan ekspektasi yang berlebihan apa pun pada tempat kerja barumu.

 

Jadi, Beradaptasi Dengan Baik Penting Saat Masuk Kantor Baru

Beradaptasi dengan baik yang dijalani sebagai karyawan baru di kantor baru merupakan hal penting agar kamu bisa menyesuaikan budaya kerja dan sistem kerja yang baru. Hal ini kamu bisa mengikuti beberapa hal mulai dari menerima adanya perubahan hingga jangan menetapkan eskpetasi pada saat masuk kerja di tempat kerja baru.

 

Kemudian, kamu bisa mencari tips-tips lain mengenai pekerjaan di Dreamtalent dan kamu bisa melakukan psikotes kepribadian juga untuk lebih mengenali diri kamu agar mudah beradaptasi ditempat kerja yan baru.