Asesmen Baru: VIPS+ Composite Assessment
Dreamtalent Updates | 21 Mar 2022 | By Yehezkiel Faoma Taslim
Asesmen Baru: VIPS+ Composite Assessment

Dalam update ini, Dreamtalent memperbarui tes lama kami untuk membawakan jenis asesmen baru, bernama VIPS+ Composite Assessment.

  • Sekarang mengukur dinamika antara setiap dimensi psikometri.

  • Hasil lebih mudah dibaca dengan deskripsi personal yang lebih jelas.

  • Untuk asesmen bagi leader, sekarang tersedia paket tes terspesialisasi.

 

Apa saja yang baru?

1. Baru: VIPS+ Composite Assessment

2. Dinamika Psikometri Baru

3. Metric Baru: Signature Strengths & Competencies

4. Baru: Leader Profiling

5. Rangkuman Ringkas

 

1. Baru: VIPS+ Composite Assessment

Terdapat banyak komponen dalam psikometri seseorang: kepribadian, inteligensi, etc.

Asesmen kami yang lama mengukur dan memberi hasil setiap komponen secara terpisah.

Sekarang, VIPS+ Composite Assessment mengukur lebih dalam bagaimana setiap komponen mempengaruhi satu sama lain dan membentuk individu secara menyeluruh. Motivasi dipengaruhi oleh kepribadian, minat dipengaruhi oleh motivasi, dan seterusnya.

Ini memungkinkan kami memberi deskripsi yang lebih jelas dan lengkap akan seorang individu, dan kesesuaiannya dalam posisi terpilih.

Asesmen VIPS+ mengukur metric berikut:

  • (V) Drive: nilai-nilai yang ingin dicapai dalam karier yang bermakna. Nilai-nilai inilah yang memotivasi seseorang untuk melibatkan diri dan berperforma dalam kerja.

  • (I) Interests: jenis pekerjaan yang disenangi oleh seorang individu. Mengerjakan pekerjaan yang memuaskan Interests (ketertarikan) menciptakan keinginan untuk belajar dan memberikan kepuasan kerja.

  • (P) Personality: kualitas dan karakteristik yang unik bagi setiap orang. Ini membentuk keunikan dalam cara berpikir, perasaan, dan perilaku seseorang.

  • (S) Signature Strengths: cara berpikir dan berperilaku yang membuat seseorang unggul dalam situasi tertentu. Strength bersifat alami tetapi juga dapat dipelajari.

  • (+) Intelligence: kumpulan kemampuan kognitif yang menentukan bagaimana seorang pemimpin dapat belajar, bernalar, dan memecahkan masalah.

 

2. Dinamika Psikometri Baru

Asesmen VIPS+ juga mengukur dinamika dalam setiap komponen. Ini adalah bagaimana hasil dalam satu dimensi mempengaruhi interpretasi dalam dimensi lainnya.

Contohnya, nilai tinggi dalam Compassion berarti senang membantu, tetapi jika disertai dengan nilai rendah dalam Industriousness, orang tersebut hanya berniat membantu tetapi tidak bertindak.

Drive Dynamics

Jika ada 2 drive kuat yang saling berlawanan di grafik ini, maka itu menandakan adanya konflik internal di dalam motivasi talent ini.

Personality Dynamics

Ketika beberapa dimensi kepribadian menyatu, mereka membentuk suatu dinamika. Dinamika ini membentuk kecenderungan dalam perilaku dan reaksi pada situasi. Kecenderungan yang dimiliki leader ini dijelaskan sebagai berikut.

 

3. Metric Baru: Signature Strengths & Competencies

VIPS+ memperkenalkan dua metric penting baru: Signature Strengths dan Competencies.

Signature Strengths

Signature Strengths adalah cara berpikir dan berperilaku yang membuat seseorang unggul dalam situasi tertentu. Strength bersifat alami tetapi juga dapat dipelajari.

Ini juga mengukur potensi strength yang tersembunyi ataupun kekurangan yang dapat dimiliki seseorang.

Competencies

Competencies tidak hanya menggambarkan kemampuan seseorang tetapi juga kecenderungan untuk menggunakannya. Kecenderungan ini ditentukan oleh atribut pribadi, seperti kepribadian dan minat, dan kemampuan diukur dari kombinasi berbagai tes.

Competencies terdiri dari 3 bagian: skills, knowledge, dan qualities. Metric ini fokus umumnya pada qualities (kecenderungan).

 

4. Baru: Leader Profiling

Asesmen VIPS+ sekarang tersedia dalam Versi Leader Profiling.

Ketika menguji leader ataupun calon leader, Leader Profiling mengukur metric tambahan untuk memprediksi perilaku, kecenderungan, dan kemampuan seorang talent untuk menjadi seorang pemimpin dalam organisasi Anda.

Leader Focus

Leader Focus adalah kecenderungan dalam cara seseorang mendekati masalah dan situasi. Berdasarkan kepribadian dan minat, seorang pemimpin dapat memilih untuk fokus pada area kepemimpinan tertentu.

Leader Agility

Leader Agility menentukan bagaimana strength/kelebihan seseorang membentuk kemampuan dalam berbagai area kepemimpinan.

 

5. Rangkuman Ringkas

Rangkuman dari hasil asesmen ditulis ulang untuk menjadi lebih komprehensif tetapi juga ringkas dan mudah dibaca bagi HR maupun non-HR.

Karena hasil yang lebih mendalam dari VIPS+, rangkuman sekarang mengandung deskripsi personal untuk menggambarkan perilaku dan kecenderungan setiap individu secara menyeluruh.

Juga tersedia untuk Leader Profiling.

 

Asesmen Prediktif Untuk HR Anda

Dapatkan free trial 14 hari dan nikmati akses tanpa batas untuk tools dan keunggulan yang dibawa Dreamtalent agar rekrutmen dan asesmen Anda lebih cepat, lebih mudah, dan jauh lebih akurat.